BKPP DIY berharap pemuda tertarik jadi petani

id petani

BKPP DIY berharap pemuda tertarik jadi petani

ilustrasi (Foto antarafoto.com)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Daerah Istimewa Yogyakarta berharap pemuda tertarik menjadi petani, yang jumlahnya terus menurun.

"Saya himbau pemuda di DIY tertarik dan tidak gengsi menjadi petani," kata Kepala Bidang Koordinasi Penyuluhan, Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) DIY Barudin di Yogyakarta,?Rabu.

Menurut dia, hingga saat ini BKPP DIY melalui Badan Penyuluh Pertanian dan Ketahanan Pangan (BP2KP) kabupaten/kota terus meningkatkan pembinaan dan pelatihan bagi kalangan pemuda usia 35 tahun ke bawah untuk menjadi generasi petani.

Para pemuda yang bersedia mengikuti program regenerasi petani itu, menurut dia, akan mendapatkan berbagai pembekalan dari penyuluh pertanian seperti teknik budi daya pertanian, hingga mendapatkan ilmu mengenai peluang usaha pertanian.

"Yang sudah bergelar sarjana seharusnya juga tidak perlu gengsi mengikuti program itu," kata dia.

Mengacu data sensus pertanian Badan Pusat Statistik (BPS) DIY jumlah rumah tangga petani (RTP) di DIY pada 2013 mencapai 495.781 atau menurun dari 2003 yang masih mencapai 574.920.

Dari jumlah itu, petani muda dengan rentang usia 15-44 tahun hanya sebanyak 122.900 petani atau 24,7 persen.

Sementara, jumlah?petani?dengan usia 45-54 tahun sebanyak 135,3 ribu?perani atau 27,3 persen. Sisanya, 237.528 atau 47,91 persen merupakan petani dengan usia di atas 55 tahun.

Oleh sebab itu, kata dia, agar target swasembada serta ketahanan pangan baik di tingkat regional maupun nasional dapat terus berlanjut, mau tidak mau diperlukan kehadiran petani muda sebagai generasi penerus.

"Sekarang umumnya petani sudah "sepuh". Dengan demikian kehadiran para penyuluh di daerah juga diharapkan mampu menyiapkan petani muda yang menggarap sawah dengan teknologi," kata Barudin.

Barudin juga mendorong generasi muda di DIY mengikuti program Duta Petani Muda 2016 yang saat ini pendaftarannya telah dibuka hingga 11 Oktober 2016. Melalui pemilihan Duta Petani Muda peserta akan mendapatkan pembekalan mengenai manajemen usaha pertanian sekaligus pendampingan usaha pertanian. Pendaftaran bisa dilakukan melalui http://www.dutapetanimuda.org. "Saya berharap ada duta petani muda asal DIY," kata dia.
L007
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024