"Mina Ngremboko" budidayakan ikan di lahan marjinal

id budidaya ikan

"Mina Ngremboko" budidayakan ikan di lahan marjinal

Ilustrasi budi daya perikanan (antaranews.com)

Sleman, (Antara Jogja) - Kelompok Petani Ikan "Mina Ngremboko" Dusun Bokesan, Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, membudidayakan ikan air tawar dengan memanfaatkan lahan marjinal dan pekarangan kosong milik warga.

"Kami terus berusaha mengembangkan usaha pembibitan maupun pembesaran ikan air tawar. Belum lama ini lahan seluas satu hektare di dekat Sungai Gendol diubah menjadi kolam ikan," kata Ketua Petani Ikan "Mina Ngremboko" Saptono di Sleman, Rabu.

Menurut dia, setiap rumah warga juga diwajibkan untuk mempunyai kolam ikan. Terutama mereka yang masuk dalam anggota kelompok "Mina Ngremboko".

"Upaya ini dilakukan dan dikembangkan agar kebutuhan bibit ikan air tawar di seluruh nusantara bisa terus terpenuhi. Selain itu masyarakat setempat bisa semakin sejahtera di tempat asalnya sendiri. Bibit ikan dari sini, saat ini sudah hampir terdistribusikan ke suluruh Indonesia," katanya.

Ia mengatakan, selain budidaya ikan, juga tanaman telah dirambah KPI Mina Ngemboko. Terutama jenis-jenis tanaman yang bisa sebagai penyerap air.

"Dengan demikian maka ekowisatanya bisa nyambung," katanya. Wisatawan yang berkunjung ke desa wisata Dusun Bokesan ini ini tak hanya belajar mengenai budi daya ikan saja. Namun, anak-anak bisa mengenalkan berbagai jenis tanaman dan semakin peduli terhadap lingkungannya," katanya.

Bendahara KPI "Mina Ngremboko" Jarot Wibowo mengatakan, selain bibit juga hasil produksi makanan ikan telah banyak permintaan.

"Kami di sini juga membuat pakan ikan sendiri, untuk menekan biaya dalam budi daya ikan ini. Selain itu juga berbagai olahan makanan berbahan dasar ikan, seperti abon ikan, bakso ikan dan lainnya," katanya.

Ia mengatakan, dari berbagai jenis usaha yang dikembangkan KPI "Mina Ngremboko" ini omzet per tahun bisa mencapai lebih dari Rp12 miliar.

"Omzet hingga Rp12 miliar lebih ini berasal dari penjualan bibit ikan, pakan ikan dan produk olahan lainnya. Budi daya ikan telah banyak meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Dusun Bokesan ini," katanya.***1***

(V001)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024