Bantul komitmen perhatikan atlet penyandang disabilitas

id atlet

Bantul komitmen perhatikan atlet penyandang disabilitas

Ilustrasi atlet paralympic (antaranews.com)

Bantul (Antara) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berkomitmen untuk terus memperhatikan atlet penyandang disabilitas guna pengembangan dan peningkatan prestasi olahraga kalangan difabel tersebut.

"Mereka ini para atlet paralimpik yang akan membawa nama harum Bantul ke kancah olahraga nasional, tentu pemerintah memberikan perhatian kepada mereka," kata Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih usai pelepasan atlet Bantul untuk Peparnas 2016 di Bantul, Kamis.

Sebanyak 30 atlet dan pelatih serta pendamping dari Bantul akan mengikuti Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XV pada 23 sampai 27 Oktober 2016 di Bandung, Jawa Barat (Jabar) bersamaan dengan kontingen seluruh kabupaten/kota se-DIY.

Menurut Halim, prestasi olahraga di Bantul, baik di kalangan umum maupun difabel, perlu terus dikembangkan dan ditingkatkan.

Oleh sebab itu, pihaknya juga berharap para atlet terus melakukan pelatihan untuk mengasah kemampuan mereka.

"Pemkab Bantul juga tengah mempersiapkan program untuk meningkatkan prestasi olah raga, sehingga Bantul bisa berdiri tegak di kancah olahraga regional, nasional dan internasional," katanya.

Ia mengatakan untuk pembinaan atlet paralimpik di Bantul, nantinya juga akan dianggarkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Bantul 2017, dengan harapan prestasi olahraga para difabel terus berkembang.

"Dan yang lebih penting difabel ini juga warga yang memiliki hak untuk memperoleh fasilitas pengembangan dari pemerintah melalui anggaran dan program kegiatan. Intinya pemda komitmen terus kembangkan dan meningkatkan prestasi olahraga di kalangan difabel," katanya.

Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Kabupaten Bantul Sihmanto mengatakan jumlah atlet paralimpik yang ikut Peparnas 2016 sebanyak 23 atlet, ditambah empat pelatih dan tiga orang pendamping atlet.

Ia mengatakan semua atlet tersebut akan mengikuti enam cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Peparnas di Bandung, yaitu cabang atletik, bulutangkis, tenis meja, tenis kursi roda (lapangan), voli duduk, dan goal ball.

"Cabang olahraga unggulan kita dari Bantul adalah atletik sama tenis lapangan, untuk atletik saya targetkan medali emas, tenis lapangan karena nomornya banyak harapannya bisa tiga medali," katanya.

(KR-HRI)