Disbud DIY matangkan konsep majalah berbahasa Jawa

id majalah berbahasa jawa

Disbud DIY matangkan konsep majalah berbahasa Jawa

DIY (Foto Istimewa)

Yogyakarta, 29/9 (Antara) - Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta akan mematangkan konsep majalah berbahasa Jawa yang rencananya dibagikan ke seluruh sekolah pada 2017.

Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) DIY Umar Priyono di Yogyakarta, Kamis, mengatakan tim masih akan mematangkan konsep maupun rubrik apa saja yang akan muncul dalam majalah berbahasa Jawa itu.

"Masih akan ada pertemuan membahas rubrik, penempatan geguritan (puisi), serta penggunaan aksara Jawa-nya," kata Umar.

Menurut Umar, pembahasan konsep majalah berbahasa Jawa yang akan dikeluarkan oleh Dinas Kebudayaan DIY itu juga akan diangkat dalam forum Kongres Bahasa Jawa 2016 yang akan berlangsung di Yogyakarta pada 8-12 November 2016.

Untuk pembentukan tim redaksi majalah, menurut dia, Disbud DIY akan menggandeng berbagai pihak yang berkompeten di bidangnya. Selain geguritan (puisi), cerita sambung dan cerita pendek, menurut dia, majalah juga diperkirakan akan memuat kamus bahasa Jawa.

"Kami yakin untuk proses penerbitan sekala besar bisa direalisasikan 2017 tatapi paling tidak 2016 ini sudah ada satu majalah sebagai contoh," kata dia.

Ia mengatakan selain untuk merespons semakin berkurangnya kesadaran generasi muda menggunakan bahasa jawa dalam komunikasi sehari-hari, penerbitan majalan itu juga untuk memberikan pemahaman penggunaan bahasa Jawa yang benar. "Tujuannya perbaikan pemanfaatan bajasa Jawa sendiri," kata dia.***4***
Pewarta :
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024