PDAM Gunung Kidul pasang instalasi pipa

id Instalasi pipa

PDAM Gunung Kidul pasang instalasi pipa

Ilustrasi jaringan pipa PDAM (Foto antarafoto.com) (antarafoto.com)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Handayani Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai memasang jalur instalasi perpipaan di Wonosari untuk meningkatkan pelayanan air minum kepada masyarakat.

Direktur PDAM Tirta Handayani Isnawan Fibriyanto di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan pihaknya berupaya memperbaiki sarana dan prasarana yang ada selama ini masih menggunakan pipa asbes.

"PDAM Tirta Handayani hanya satu-satunya PDAM yang menggunakan pipa tersebut. Untuk tahap awal perbaikan pihaknya mendapatkan bantuan dari Satuan Kerja (Satker) Peningkatan Kinerja Penyediaan Air Minum DIY sepanjang 600 meter pipa," kata Isnawan.

Ia mengatakan seluruh anggaran perbaikan tersebut wewenang dari PK Pam. Perbaikan ini belum menyasar seluruh pipa yang belum diganti. "Yang diganti baru 600 meter saja, sedang data kami yang butuh perbaikan sepanjang empat kilometer," katanya.

Isnawan mengatakan untuk perbaikan wilayah perkotaan yang sudah dirancang sejak 2014, dimana perbaikan 4 km peremajaan pipa asbes yang diganti dengan pipa pvc atau besi membutuhkan dana sekitar Rp10 miliar.

"Dananya cukup besar, kalau kami jelas tidak bisa melakukan perbaikan sendiri," katanya.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya memerlukan bantuan baik Pemkab Gunung Kidul, Satker PK Pam dan pemerintah pusat untuk membantu perbaikan. Pipa yang sudah berusia puluhan tahun dan terbuat dari asbes seringkali rusak.

"Untuk perbaikan selama ini memang perbaikan hanya sebatas penutupan bocor, dan kami mohon maaf kalau setiap hari ada perbaikan sehingga pelayanan air jadi kurang lancar. Perbaikan 600 meter diharapkan mengurangi kebocoran," katanya.

Sementara itu, Komisi C DPRD Gunung Kidul Purwanto mengakui saat ini pemkab belum bisa memberikan bantuan peremajaan pipa diperkotaan, karena anggaran terbatas untuk itu.

Meski demikian, pihaknya tetap mendorong PDAM Tirta Handayani untuk memberikan pelayanan maksimal ke masyarakat. "Keterbatasan bukan menjadi alasan untuk tidak memberikan pelayanan yang baik," katanya.

(KR-STR)