Peserta Pilkada Kulon Progo lolos tes kesehatan

id KPU

Peserta Pilkada Kulon Progo lolos tes kesehatan

Ilustrasi (Foto Istimewa) (istimewa)

Kulon Progo (Antara) - Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Muh Isnaini mengatakan dua pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati peserta Pemilihan Kepala Daerah 2017 Hasto Wardoyo - Sutedjo dan Zuhadmono - Iriani lolos tes kesehatan.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh tim pemeriksa dari RSUD Wates, HIMPSI dan BNNP pada 3-4 September, dinyatakan bahwa semua bakal pasangan calon memenuhi syarat kesehatan yaitu sehat jasmani dan rohani, serta bebas narkotika," kata Isnaini di Kulon Progo, Kamis.

Ia mengatakan hasil tes kesehatan menjadi persyaratan dalam pencalonan sebagai peserta Pilkada 2017. Pasangan calon yang masih ada beberapa dokumen yang belum lengkap, sehingga harus segera diperbaiki dan dilengkapi. Mereka diberikan kesempatan melengkapi dari 7 hingga 11 Oktober.

"Kami berharap, pasangan calon segera melengkapi dokumen-dokumen persyaratan yang belum lengkap," kata dia.

Tahapan selanjutnya, kata Isnaini, pada 24 Oktober, pasangan bakal calon akan ditetapkan sebagai calon peserta Pilkada 2017 bila mereka memenuhi syarat yang ditetapkan KPU. Kemudian, pada 25 Oktober akan dilaksanakan pengundian nomor urut pasangan calaon.

"Selanjutnya, pada 28 Oktober mulai memasuki tahapan kampanye," katanya.

Pada tahap kampanye, kata Isnaini, KPU akan melakukan debat publik di televisi sebanyak tiga kali. Namun, pada debat publik ini, KPU belum tahu seperti apa pelaksanaannya.

"Kami masih menunggu jadwal dari televisi yang memenangkan lelang," katanya.

Selain itu, kampanye di media masa baik cetak dan elektronik, kampanye dalam bentuk pasangan alat peraga kampanye juga dilakukan. Kampanye ini waktunya sangat panjang mulai dari 28 Oktober hingga 11 Februari.

"Kami akan memfasilitasi kampanye ini mulai dari materi kampanye hingga selebaran," kata dia.

(KR-STR)