Kuota haji Sleman 2017 kembali normal

id haji

Kuota haji Sleman 2017 kembali normal

ilustrasi.sumut.kemenag.go.id (haji)

Sleman (Antara Jogja) - Kantor Kementerian Agama Wilayah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, memperkirakan kuota haji Sleman tahun 2017 kembali normal seiring selesainya proyek renovasi kawasan Masjidil Haram oleh Pemerintah Arab Saudi.

"Adanya pengurangan kuota haji 20 persen secara nasional beberapa tahun belakangan menyebabkan jumlah jamaah haji Sleman yang bisa diberangkatkan ke Tanah Suci cenderung menyusut," kata Kepala Seksi Penyelenggaraan?Haji?dan Umroh Kantor Kementerian Agama Wilayah Kabupaten Sleman Silvia Rosetti di Sleman, Jumat.

Menurut dia, normalnya kuota haji untuk Kabupaten Sleman mencapai 1.200 calon jamaah namun beberapa tahun ini kuotanya terpangkas hingga jadi 994 calon jamaah saja.

"Ada kemungkinan pada 2017 nanti renovasi di Mekkah akan selesai sehingga kuota haji akan kembali normal. Namun realisasi kembali normalnya kuota tersebut kemungkinan baru terlaksana untuk musim haji 2018," katanya.

Ia mengatakan saat ini Kantor Kemenag Sleman masih menunggu kepastian dari pemerintah pusat.

"Semoga saja segera ada kejelasan terkait kuota haji untuk Kabupaten Sleman," katanya.

Silvia mengatakan jumlah kuota keberangkatan haji yang normal akan memengaruhi lamanya masa tunggu keberangkatan haji bagi masyarakat yang sudah mendaftar atau ada selisih beberapa tahun lebih cepat dari perkiraan keberangkatan di masa tunggu sebelumnya.

"Dengan estimasi 2017 kuota haji sudah normal, masa tunggu kemungkinan bisa 19 tahun saja," katanya.

V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024