Parampara Praja cari solusi ketimpangan ekonomi DIY

id Parampara Praja cari solusi ketimpangan ekonomi DIY

Parampara Praja cari solusi ketimpangan ekonomi DIY

Daerah Istimewa Yogyakarta (Foto Istimewa) (istimewa)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Lembaga penasihat Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta atau Parampara Praja mulai menyoroti dan mencari solusi untuk mengurangi ketimpangan ekonomi masyarakat setempat yang terlihat dari tingginya indeks gini ratio.

Anggota Parampara Praja Edy Suandi Hamid di Yogyakarta, Rabu, mengatakan tingginya indeks gini ratio di DIY menjadi salah satu fokus perhatian lembaga itu karena termasuk persoalan yang mempengaruhi keistimewaan DIY.

"Melihat Yogyakarta yang "adem ayem", logika ekonominya seharusnya gini indeksnya rendah, tetapi faktanya kok tinggi," kata Edy yang juga pakar ekonomi itu.

Parampara Praja merupakan lembaga nonstruktural yang delapan anggotanya dilantik pada Agustus 2016. Lemabaga ini memiliki tugas memberikan pertimbangan kepada Gubernur DIY mengenai substansi yang berkaitan dengan Program-Program Keistimewaan DIY.

Pada September 2015, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat ketimpangan pengeluaran penduduk atau koefisien gini (gini ratio) DIY berada di level 0,42, mengungguli angka nasional yang ada di level 0,4.

Menurut Edy mengacu peta perekonomian di DIY seharusnya ketimpangan yang tinggi itu tidak terjadi sebab kegiatan ekonomi tidak ada yang terlalu mendominasi yang dibuktikan dengan relatif tidak adanya perusahaan besar di daerah itu. Di sisi lain lahan pertanian juga sebagian besar dimiliki sendiri oleh petani.

"Tetapi ketika ada ketimpangan berarti ada keterlibatan masyarakat yang kurang dalam kegiatan ekonomi," kata dia.

Menurut Edy, sebagai salah satu faktor penguat keistimewaan DIY, Parampara Praja akan mencoba mencari strategi yang tepat untuk menekan tingkat ketimpangan itu yang akan menjadi bahan masukan Gubernur DIY.

Salah satu formula yang sedang dirancang di antaranya mencakup perbaikan pergerakan ekonomi di mana aktivitas produksi, distribusi, dan konsumsi di DIY akan lebih banyak melibatkan masyarakat. Meski target penurunan gini ratio memerlukan perhitungan yang panjang, ia optimistis angkanya akan mampu menurun di bawah 0,4. "Target gini ratio ini harus dihitung betul, kami tidak ingin sekadar menduga," kata dia.





(T.L007)