Pemkab Gunung Kidul kembalikan ratusan KIS

id kartu

Pemkab Gunung Kidul kembalikan ratusan KIS

Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Indonesia Sejahtera (Foto Antara)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengembalikan ratusan Kartu Indonesia Sehat karena kartu tersebut rusak, dan data pemilik rangkap.

"Ada ratusan KIS terpaksa dikembalikan ke BPJS Kesehatan Pusat karena mengalami kerusakan, dan cacat data," kata Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Wonosari Syarifatun Kurnia Ekawati di Gunung Kidul, Jumat.

Ia mengatakan ada 768 buah kartu KIS yang dikembalikan, dari jumlah itu diketahui meninggal dunia sebanyak 192, oubdag domisili mencapai 169 orang, dan data ganda 407 buah.

"Sebagian besar merupakan data rangkap karena pendataan tidak tepat," katanya.

Syarifatun mengatakan KIS yang dikembalikan ke pusat nantinya akan dilakukan revalidasi ulang dan perbaikan. " Nanti dikembalikan ke pusat untuk dibetulkan datanya," kata dia.

Dia mengatakan dari jumlah total penduduk 750 ribu, sebanyak 25 persen merupakan penerima KIS. Pembenahan penerima kartu KIS ditargetkan semuanya dapat selesai pada tahun 2019 mendatang.

"Masih terdapat sekitar 2.817 KIS yang belum didistribusikan, dan ditargetkan selesai pada tahun 2016 ini," katanya.

Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Gunung Kidul Dwi Warna WIdi Nugraha menambahkan Gunung Kidul mendapatkan kuota KIS yang semula sebanyak 22.680 lembar ditambah kuota tambahan sebanyak 10.700 lembar. Dari total kartu tersebut, baru sebanyak 11.400 KIS yang sudah masuk ke Dinsosnakertrans dan telah didistribusikan kepada sasaran.

"Total jumlah pada tahun 2016 ini, sebanyak 33.380 KIS yang akan didistribusikan," katanya. 
KR-STR