Merti Bumi Tinalah ikuti festival upacara adat

id merti

Merti Bumi Tinalah ikuti festival upacara adat

ilustrasi FOTO ANTARA/Noveradika/13 ()

Kulon Progo (Antara Jogja) - Tim Merti Bumi Tinalah Desa Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengikuti festival upacara adat tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Taman Mini Indonesia Indah pada Minggu (23/10).

Ketua Rombongan Tim Meti Bumi Tinalah Raden Sadil Mur Said di Kulon Progo, Sabtu, mengatakan Merti Bumi Tinalah sendiri merupakan upacara adat yang diselenggarakan setiap tahun oleh warga masyarakat Purwoharjo sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Tinalah merupakan salah satu sungai yang membelah Desa Purwoharjo, diantara kaki perbukitan menoreh. Di Purwoharajo sendiri Bumi Perkemahan dan Outbond Tinalah praktis dijadikan simbol unggulan Desa wisata," kata Sadil.

Ia mengatakan sebagai perwakilan Kabupaten Kulon Progo, Tim Upacara Adat Bumi tinalah (Seni Tarian, Bergodo dan Jathilan) merupakan salah satu kontestan acara kirab yang diselengagrarakan Dinas Kebudayaan dari lima kabupaten kota yang ada di DIY.

Sadil mengatakan Tim Bumi Tinalah Purwoharjo bersolek dan bekerja keras untuk menjadi yang terbaik.

"Dengan doa dan dukungan semua warga masyarakat dan semua pihak, Tinalah dinobatkan sebagai juara 1 tingkat DIY dalam festival upacara adat yang dilaksanakan di lapangan Denggung (Sleman) pada 24 Juli 2016 lalu, dengan memperoleh trophi dan uang pembinaan sehingga mewakili DIY ke tingkat nasional," kata dia.

Berbekal Juara 1 tingkat DIY, dengan rasa optimisme tinggi Tim Merti Bumi Tinalah (Seni Tarian, Bergodo dan Jathilan) dalam hal ini, nantinya akan berkolaborasi dengan Jathilan dari Petir Gunung Kidul yang juga dinobatkan sebagai Juara 1 Jathilan DIY.

"Kolaborasi ini akan menampilkan suguhan kesenian yang menarik dan membuat terpukau serta kagum, sehingga nanti harapannya bisa menjadi yang terbaik di tingkat nasional," kata Sadil. 
KR-STR