Gunung Kidul akan rumuskan sistem penanganan pantai

id pantai

Gunung Kidul akan rumuskan sistem penanganan pantai

Pantai Kukup di Kabupaten Gunung Kidul (Foto ferpiink.blogspot.com)

Gunung Kidul (Antara) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, segera merumuskan sistem penanganan kawasan pantai setelah pendataan bangunan yang ada di kawasan itu selesai.

Ketua Tim Penertiban dan Penataan Sultanaad Ground (SG) Tommy Harahap di Gunung Kidul, Rabu, mengatakan pihaknya sudah melakukan pendataan di Pantai Drini, Slili-Sadranan, dan Sepanjang.

Hasilnya sebanyak 23 bangunan yang berada di sempadan Pantai Drini, 73 bangunan di Pantai Sepanjang, sementara tidak ada bangunan pantai di Slili sejak 14 Oktober lalu.

"Seluruh bangunan yang berdiri di sepadan pantai di tiga pantai sudah kami data," kata Tommy.

Nantinya, kata Tommy, warga diberikan sosialiasai terkait penertiban yang akan dilakukan. Akan ada waktu sebulan setelah dilakukan sosialisasi kepada warga untuk segera melakukan pembongkaran secara mandiri.

"Nantinya mereka pemilik bangunan akan diberikan surat sebanyak tiga kali, lalu dilakukan penindakan," katanya.?

Tommy mengatakan pihaknya tidak akan melakukan penertiban secara paksa, namun lebih mengedepankan upaya pendekatan kekeluargaan. Sampai saat ini pemkab masih melakukan kajian para pemilik bangunan akan ditempatkan dimana setelah dilakukan pembongkaran.

Penataan ini, menurut dia sesuai Perda DIY Nomor 16 Tahun 2011 tentang rencana zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, dituliskan bahwa pengelolaan zona sempadan pantai di wilayah Gunung Kidul, minimal berjarak 100 meter, dari titik pasang tertinggi ke arah darat.

"Kami akan melibatkan pokdarwis, kepala desa di tiga pantai tersebut," bebernya.

Sementara Anggota Komisi C DPRD Gunung Kidul Agus Joko Kriswanto berharap pemkab memberikan solusi terkait relokasi kepada warga yang selama ini menempati lokasi sepadan pantai.

"Jangan sampai menimbulkan keresahan karena warga sudah lama berada disana dan menggantungkan hidupnya dengan berjualan di sekitar pantai," katanya.

(KR-STR)