Pertamina kenalkan "pertamax turbo" di DIY

id pertamax turbo, bahan bakar mintak

Pertamina kenalkan "pertamax turbo" di DIY

Direksi PT Pertamina (persero) MOR IV Jateng-DIY melakukan pengisian bahan bakar khusus (BBK) pertamax turbo secara simbolik pada mobil sport dalam acara peluncuran pertamax turbo di SPBU COCO Lempuyangan, Kota Yogyakarta, Jumat (28/10). (Foto Antara

Yogyakarta, 28/10 (Antara) - Perseroan Terbatas Pertamina mengenalkan produk pertamax turbo atau produk bahan bakar khusus dengan nilai oktan 98 di tiga stasiun pengisian bahan bakar umum di Daerah Istimewa Yogyakarta.

General Manager PT Pertamina (Persero) MOR IV Kusnendar saat peluncuran pertamax turbo di Yogyakarta, Jumat, mengatakan bahwa pada tahap awal penjualan produk pertamax turbo di DIY baru dilayani di SPBU COCO Lempuyangan, SPBU Mlati Sleman, dan SPBU di Jalan Laksda Adisucipto dengan potensi penjualan mencapai 2,5 sampai tiga kiloliter (kl) per hari.

"Untuk outlet pertamax turbo di DIY dalam waktu dekat kami targetkan ada di delapan SPBU," kata Kusnendar.

Menurut dia, sejak dijual mulai 25 September 2016, pertamax turbo di wilayah Jateng dan DIY mendapatkan tanggapan yang baik dari masyarakat dengan total penjualan mencapai 700 sampai 800 liter per hari.

Volume penjualan tersebut, menurut dia, telah mengungguli varian pertamax plus (RON 95) yang rata-rata mencapai 500 liter per hari. Produksi pertamax plus kini telah dihentikan dan digantikan dengan pertamax turbo.

"Sambutan masyarakat cukup bagus. Bahan bakar khusus dengan RON 98 (pertamax turbo) ini terhadap pembakaran mesin lebih sempurna sehingga tarikannya ringan, akselerasinya cepat, dan kebersihan mesin jauh lebih terjaga," katanya.

Kusnendar mengatakan bahwa pertamax turbo sangat cocok untuk kendaraan-kendaraan berteknologi tinggi yang memiliki rasio kompresi di atas 11,5 sampai 12.

"Dengan kompresi tinggi dan bahan bakar yang bagus akan memberikan tenaga yang luar biasa," katanya.

Ia menargetkan hingga akhir 2016 penjualan pertamax turbo di DIY mampu mencapai satu persen dari seluruh varian produk bahan bakar minyak nonsubsidi lainnya.

Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) DIY Siswanto mengatakan kehadiran pertamax turbo akan membantu konsumen dari komunitas motor besar atau mobil berteknologi tinggi untuk mendapatkan produk bahan bakar dengan kualitas terbaik dari Pertamina.

"Ini akan menambah pilihan masyarakat mendapatkan produk bahan bakar khusus (BBK) berkualitas, apalagi komunitas kendaraan di Yogyakarta dan Jawa Tengah bagian selatan cukup banyak," katanya.

Sementara itu, ketua Hiswana Migas Kedu Sutarto Murti Utomo mengatakan hadirnya produk BBK varian baru dengan RON 98 makin membuktikan bahwa Pertamina berkomitmen menjadi perusahaan kelas dunia yang memiliki kepedulian dengan lingkungan.

"Kami harus mendukung karena dengan Pertamina "go international", memberikan peluang juga bagi pengusaha di Hiswana Migas untuk membuka usaha di luar negeri," kata Sutarto.
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024