Rektor UNY: mahasiswa harus mampu berkompetisi global

id UNY

Rektor UNY: mahasiswa harus mampu berkompetisi global

Logo Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) (istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Rochmat Wahab mengatakan mahasiswa harus mampu berkompetisi pada tingkat global dengan menghasilkan produk-produk unggulan.

"Perkembangan teknologi saat ini semakin cepat dibandingkan dengan dulu. Kita harus mampu untuk berkompetisi supaya tidak terlindas oleh perkembangan ilmu pengetahuan," ujarnya di Kampus UNY di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, begitu Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) ditetapkan, maka informasi berikutnya adalah adanya Mutual Recognition Arrangements (MRAs), yaitu dibutuhkan untuk memberikan register bagi produk-produk yang sah di lingkup ASEAN.

"Selain itu, melalui MRAs juga harus bisa diakses oleh negara anggota ASEAN dan bisa ke luar masuk selama register itu ada," katanya.

Rochmat mengatakan Malaysia sudah memiliki 132 produk yang teregister, Thailand sekitar 50-an dan Singapura sekitar 29 produk, sedangkan Indonesia baru 19 yang teregister.

Ia mencontohkan tentang ahli kimia yang mempunyai potensi besar untuk membuat produk.

"Ini soal keseriusan dalam mengamankan produk-produk kita," katanya.

Ia berharap, banyaknya perguruan tinggi dengan keunikan masing-masing, mampu menghasilkan produk yang bisa menambah produk yang bisa teregister dan diakui pada tingkat ASEAN. 


(KR-RHN)

Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024