PPPPTK Budaya gelar Festival Seni Internasional

id Festival seni internasional

PPPPTK Budaya gelar Festival Seni Internasional

Festival Seni Internasional 2016 yang diselenggarakan PPPPTK Seni dan Budaya Yogyakarta.

Sleman (Antara Jogja) - Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Seni dan Budaya Yogyakarta kembali menggelar kegiatan dua tahunan Festival Seni Internasional pada 21 hingga 25 November 2016.

"Tahun ini Festival Seni Internasional merupakan gelaran yang ke enam kalinya, sejak pertama kali pada 2006," kata Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Seni dan Budaya Yogyakarta Salamun, Selasa.

Menurut dia, kegiatan ini dimaksudkam untuk mempertemukan karya kreatif guru seni budaya dengan karya kreatif seniman dalam dan luar negeri.

"Komunikasi kreasi ini diharapkan merepresentasikan kualitas dan melahirkan pemahaman baru yaitu bahasa estetika dalam konteks pendidikan," katanya.

Ia mengatakan, dalam event ini guru seni budaya akan belajar secara langsung melalui proses berkarya dan komunikasi antarkarya yang ada, sehingga masing-masing dapat saling menghargai dan saling mempelajari.

"Kekurangan atau kelebihan antara karya satu dengan yang lainnya dapat dijadikan sebagai materi evaluasi untuk melahirkan karya baru lagi di kemudian hari. Karya kreatif yang lahir dari guru seni budaya dan seniman yang ditampilkan akan menjadi pembelajaran umum estetika seni budaya bagi pendidikan seni budaya sekolah maupun bagi masyarakat yang menikmatinya," katanya.

Salamun mengatakan, tema Festival Seni Internasional (FSI) 2016 adalah "Today Arts, Future Culture" yang artinya seni yang diciptakan dalam kegiatan ini diharapkan menjadi budaya di masa depan.

"Seni-seni yang ditampilkan harus mencerminkan karakter budaya Indonesia di masa yang akan datang atau memiliki nilai-nilai imajinatif futuristik yang bisa mengombinasikan dengan baik antara budaya Indonesia dan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini," katanya.

Ia mengatakan, FSI 2016 direncanakan dibuka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Bebebrapa pementasan karya seni pertunjukan akan ditampilkan pada seremonial pembukaan, dilanjutkan dengan pembukaan pameran seni lukis guru tingkat nasional dan seni kriya guru tingkat nasional.

"Pada pembukaan ini juga akan ditampilkan pertunjukan orkestra dan penampilan band asal Yogyakarta Jikustik, setelah seremonial pembukaan selesai," katanya.

Selain menampilkan karya seniman dari sejumlah negara seperti Timor Leste, Malaysia, Singapura, Filipina, Inggris, kata dia, event FSI 2016 ini juga dimeriahkan grup band Letto dan Shaggydog.

"Selain itu juga kelompok-kelompok seni masyarakat seperti reog, jatilan, Dadung Awuk, parade gamelan dan lainnya," katanya.
V001
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024