Dana desa di Gunung Kidul naik

id dana desa

Dana desa di Gunung Kidul naik

Ilustrasi (Foto slideshare.net)

Gunung Kidul (Antara) - Pemerintah pusat akan menaikkan dana desa lebih dari Rp1 miliar yang diterima sebanyak 16 desa di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada 2017.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Gunung Kidul Rakhmadian Wijayanto di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan setiap tahun dana desa yang diterima terus meningkat.

"Tahun depan sekitar Rp132,3 miliar dari 2015 hanya Rp46 miliar meningkat menjadi Rp103 miliar di tahun 2016," katanya.

Ia mengungkapkan dana tersebut nantinya dibagi ke 144 desa, nilainya tidak sama. Rata-ratanya masih antara Rp800 juta hingga Rp900 juta.

"Untuk penerima dana desa yang lebih dari Rp1 miliar baru 16 desa," katanya.

Rahmadian menjelaskan dana desa diukur sesuai denga luas wilayah, kondisi geografis, tingkat kemiskkinan, dan beberapa latar belakang lainnya.

"Semakin luas wilayah dan banyaknya penduduk yang kurang mampu, maka semakin besar anggaran dana desa yang diterima," katanya.

Dia mengatakan pihaknya sudah memberikan pagu dana desa 2017 kepada masing-masing desa, dengan harapan semua desa segera menyusun program kegiatan dalam APBDes 2017.

"Semakin cepat dipersiapkan semakin baik, sehingga mampu terserap dengan baik," katanya.

Sementara Kepala Bidang Anggaran DPPKAD Gunung Kidul Putro Sapto Wahyono mengakui adanya peningkatan dana desa. Pemkab sudah memasukkan dalam ancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah 2017.

"Tahun depan naik menjadi Rp132,3 miliar," katanya.

(KR-STR)