Pemkab Gunung Kidul tingkatkan kualitas guru

id guru

Pemkab Gunung Kidul tingkatkan kualitas guru

ilustrasi tenaga guru (foto Antara)

Gunung Kidul (Antara) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meningkatkan kualitas guru guna mendongkrak prestasi pendidikan anak didik, yang selama ini masih berada di urutan terakhir dari seluruh DIY.

Bupati Gunung Kidul Badingah di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan guru sebagai garda terdepan pendidikan, harus diapresiasi.

"Untuk itu, pemerintah daerah akan terus berupaya melakukan peningkatan kualitas guru. Kami mengucapkan terima kasih jasa guru ikut serta membangun pendidikan masyarakat kita," kata Badingah.

Ia berharap sumber daya manusia guru harus profesional. Namun, hal ini masih memiliki pekerjaan rumah (PR) yang besar masih peringkat 5 di DIY dalam prestasi rata-rata. Meski demikian pihaknya berharap peran orang tua dalam mendukung dalam pendidikan anaknya.

"Memang kalau di sekolah tanggung jawab guru, dirumah tanggung jawab orang tua," katanya.

Badingah mengatakan pemkab akan melakukan koordinasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. "Nanti perlu pikirkan untuk kaji eksekutif dan legislatif agar kualitas pendidikan meningkat," katanya.

Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunung Kidul Bahron Rosyid mengatakan saat ini jumlah guru PNS masih kurang. Namun demikian, tambahan guru tidak tetap (GTT) sebanyak 3.000-an orang maka masih mencukupi.

"Yang masih terus kita tingkatkan mengenai manajemen agar layanan pendidikan semakin baik," katanya.

Diakuinya meski GTT menjadi salah satu garda terdepan, tetapi gaji yang diterima masih jauh dari UMK kabupaten. Bahkan tidak sedikit yang menerima Rp100 ribu perbulan.

"Kami terus berupaya meningkatkan kesejahteraan GTT," katanya.

(KR-STR)