Penerimaan Iuran BPJS ketenagakerjaan capai Rp38,70 triliun

id Penerimaan Iuran BPJS ketenagakerjaan capai Rp38,70 triliun

Penerimaan Iuran BPJS ketenagakerjaan capai Rp38,70 triliun

Kepala Divisi Komunikasi BPJS Ketenagakerjaan Abdul Latif (kiri), Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta Moch Triyono (kanan) pada "BPJS Ketenagakerjaan Superweekend 2016" (Foto Antara/ Bambang Sutopo Hadi)

Yogyakarta, (Antara) - Penerimaan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan per Oktober 2016 mencapai Rp38,70 triliun atau 90,72 persen dari target tahun 2016 sebesar Rp42,66 triliun.

"Hingga Oktober 2016 kinerja BPJS Ketenagakerjaan sudah mendekati target yang ditetapkan untuk periode tahun 2016 secara keseluruhan," kata Kepala Divisi Komunikasi BPJS Ketenagakerjaan Abdul Latif di Yogyakarta, Sabtu.

Di sela "BPJS Ketenagakerjaan Superweekend 2016" di Jogja City Mall, Abdul Latif mengatakan pencapaian kepesertaan pada Oktober 2016 untuk tenaga kerja aktif mencapai 21.073.391 peserta atau 96,14 persen dari target 2016.

"Dana investasi yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan per Oktober 2016 telah mencapai Rp250,33 triliun dengan hasil investasi sebesar Rp19,30 triliun," katanya.

Menurut dia, "BPJS Ketenagakerjaan Superweekend 2016" merupakan media edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya jaminan sosial sekaligus menjadi media untuk menjaring kepesertaan baru dan ajang sosialisasi menfaat program BPJS Ketenagakerjaan di seluruh Indonesia.

"Kegiatan itu merupakan upaya untuk menjaring kepesertaan secara masif di sejumlah wilayah Indonesia khususnya Kota Yogyakarta yang diselenggarakan pada 3-4 Desember 2016" katanya.

Ia mengatakan kegiatan itu akan diselenggarakan secara bergantian di sejumlah mal ternama di 11 kota di Indonesia yakni Denpasar, Palembang, Bandung, Pekanbaru, Jakarta, Yogyakarta, Makassar, Surabaya, Balikpapan, Medan, dan Tangerang.

"Konsep yang diusung adalah sebuah pertnjukan musik yang di dalamnya terdapat bazaar UKM dengan ciri khas lokal dari masing-masing wilayah. Berbagai perlombaan juga digelar untuk memeriahkan acara tersebut seperti lomba cosplay, mewarnai bagi anak, dan ajang pencarian bakat `BPJSTK Got Talent`," kata Abdul Latif.

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta Moch Triyono mengatakan kegiatan itu merupakan ajang untuk menjalin kedekatan masyarakat dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Selain itu juga untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya jaminan sosial sehingga menumbuhkan kesadaran untuk mendaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Dengan adanya kegiatan itu diharapkan masyarakat mengerti bahwa ada potensi risiko sosial ekonomi yang bisa kapan saja menimpa mereka. Oleh karena itu, BPJS Ketenagakerjaan hadir sebagai jawaban atas kebutuhan perlindungan jaminan sosial bagi pekerja," kata Triyono.

(U.B015)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024