Dinsosnakertrans Gunung Kidul laksanakan program pelatihan keterampilan

id gunung kidul

Dinsosnakertrans Gunung Kidul laksanakan program pelatihan keterampilan

Pemkab Gunung Kidul (foto istimewa)

Gunung Kidul,  (Antara Jogja) - Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melaksanakan program peningkatan dan pelatihan keterampilan berbasis pencari kerja 2016 dengan jumlah peserta 1.088 orang.

Penyelenggara Teknis Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Dinsosnakertrans Gunung Kidul Zakaria di Gunung Kidul, Senin, mengatakan program tersebut diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas usia produktif pencari kerja di wilayah ini.

"Kami melakukan pelatihan kerja untuk usia produktif mulai usia 17 hingga 45 tahun," kata Zakaria.

Ia mengatakan pada 2016, ada 50 paket pelatihan yang akan digelar UPT BLK dengan total peserta sebanyak 800 orang yang dilatih menggunakan anggaran berasal dari dana alokasi umum (DAU). Sisanya ada 288 orang yang dilatih menggunakan dana dari APBD Gunung Kidul 2016.

"Pelatihan tersebut terdiri dari pelatihan otomotof, menjahit, las, bangunan, ukir, intansi penerangan listrik dan perbaikan pendingin ruangan (AC), serta pengolahan hasil pertanian," katanya.

Zakaria mengharapkan pelatihan tersebut dapat membantu masyarakat pencari kerja untuk meningkatkan kompetensi dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), serta berdampak besar pada stabilitas perekonomian masyarakat.

"Setiap tahun ada 50 paket pelatihan yang diikuti 16 peserta," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Gunung Kidul Dwi Warna Widi Nugroho menambahakan sepanjang tahun unit pelaksana teknis BLK Gunung Kidul membuka kesempatan kepada masyarakat yang ingin mengikuti program pelatihan.

"Setiap tahun, kami menerima pengajuan pelatihan, dan karena banyak permintaan harus kita seleksi," katanya.

Ia berharap dengan mengikutu pelatihan ini para peserta memiliki ketrampilan dan pengalaman kerja sehingga bisa meningkatkan kwalitas para pencari kerja.

"Banyak yang sudah lulus pelatihan membuka usaha dan bekerja di sektor industri," kata Dwi. ***3**

(KR-STR)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024