Presiden tinjau gedung STAI Bireuen rusak akibat gempa

id STAI Bireuen rusak

Presiden tinjau gedung STAI Bireuen rusak akibat gempa

Kampus Sekolah Tinggi Al-Aziziyah yang runtuh akibat gempa di Samalanga, Kabupaten Bireun, Aceh. (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/kye/16.)

Bireuen (Antara) - Presiden Joko Widodo meninjau gedung Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Aziziyah di Komplek Pondok Pesantren Mudi Mesra, Kabupaten Bireuen, Aceh, Jumat.

Gedung Sekolah Tinggi Agama Islam Al Aziziyah terletak di Jalan Masjid Raya km1,5 Desa Mideun Jok, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen.

Presiden Jokowi didampingi oleh antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Muljono dan Sekretaris Kabinet  Pramono Anung.

Gedung berlantai lima itu runtuh di bagian lantai paling bawah sementara bagian atasnya juga miring dan retak sehingga tidak bisa dipakai untuk kegiatan perkuliahan.

Mudi Mesra merupakan sebuah pesantren atau dalam istilah orang aceh disebut dengan Dayah, yang terletak di Desa Mideun Jok Kemukiman Mesjid Raya, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireun.

Dayah itu telah berdiri sejak zaman Sultan Iskandar Muda. Dayah ini terus berkembang dan saat ini menjadi dayah terbesar di Aceh.

Saat ini dayah MUDI Mesra berada di bawah pimpinan Syekh Hasanul Basri HG (Abu MUDI) dengan jumlah santri lebih kurang 6.000 orang.

Lembaga Pendidikan Islam Ma`hadal Ulum Diniyah Islamiyah (MUDI) Mesjid Raya (Mesra) berlokasi di Desa Mideun Jok Kemukiman Mesjid Raya, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), tepatnya di sebelah barat kota industri Lhokseumawe kira-kira 100 km.***4***(A039)