Sebagian besar SMA di Sleman berstandar ISO

id sleman

Sebagian besar SMA di Sleman berstandar ISO

Kabupaten Sleman (Foto Istimewa)

Sleman, (Antara Jogja) - Sebagian besar sekolah menengah atas yang ada di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta sudah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008, dan hanya tinggal beberapa sekolah yang belum mendapatkan sertifikat.

"Ke depan beberapa skolah yang belum mendapatkan sertifikat ISO juga disiapkan untuk mendapatkan sertifikat serupa , agar mutu pendidikan di Kabupaten Sleman lebih berkualitas dan merata di semua tempat," kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman Arif Haryono, pada penyerahan sertifikat ISO dari PT TUV Rheinland Indonesia untuk SMA Negeri Prambanan 1, Sabtu.

Menurut dia, dengan diterimanya Sertifikat ISO oleh SMA Negeri 1 Prambanan tersebut selain membuktikan peningkatan mutu sekolah, juga menunjukkan bahwa Pemkab Sleman serius menyediakan berbagai sarana pendidikan yang berkualitas dan memberikan pelayanan pendidikan kepada anak-anak sebaik mungkin.

"Upaya ini penting karena pelayanan dan kualitas pendidikan di suatu daerah selain sebagai bagian untuk menciptakan suatu bangsa yang cerdas juga penentu terwujudnya Kabupaten Sleman untuk menuju `Smaart Regency` tahun 2021," katanya.

Ia mengatakan, penerimaan sertifikat ISO 9001:2008 tersebut janganlah menjadi tujuan akhir dari pembangunan mutu sekolah, namun diharapkan menjadi cambuk baru untuk mencapai target mutu selajutnya yang lebih tinggi.

"Penerimaan ISO 9001:2008 tersebut merupakan awal untuk melangkah yang lebih baik. Diharapkan pula dengan diterimanya sertifikat ISO 9001:2008 tersebut justru menjadi cambuk bagi sekolah, guru dan siswa untuk lebih baik lagi dalam berbagai aspek," katanya.

Arif mengatakan, dengan doperolehnya sertifikat ISO 9001:2008 tersebut menunjukkan standar pendidikan yang sudah ditetapkan, dan diharapkan akan berpengaruh pada output yang lebih baik yaitu lulusan dari SMA Negeri 1 Prambanan.

"Lulusan SMA Negeri 1 Prambanan merupakan generasi yang mampu bersaing dengan lulusan sekolah-sekolah lain untuk meneruskan ke jenjant pendidikan yang lebih tinggi," katanya.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Prambanan Darwito mengatakan bahwa dengan diterima sertifikat ISO 9001:2008 tersebut sebagai cambuk untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan di SMAN I Prambanan.

"Yang jelas Sertifikat ISO 9001:2008 tersebut menjadi tonggak untuk meningkat visi dan misi SMA Negeri 1 Prambanan yang sudah menjadi tekat sekolah, guru dan siswa," katanya.

Penyerahan serifikat ISO berlangsung di Gedung Sportarium SMA Negeri 1 Prambanan, penyerahan dilakukan Sapto Haryono dari PT TUV Rheinland Indonesia dan diterima Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman Arif Haryono mewakili bupati Sleman.

Selanjutnya Sertifikat ISO 9001:2008 tersebut oleh Kepala Dikpora Sleman disaerahkan kepada Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Prambanan Darwito.

Dalam sambutan penyerahannya Sapto Haryono antara lain menyampaikan bahwa untuk mendapat Sertifikat ISO 9001:2008 bukan pekerjaan mudah, namun harus diraih dengan susah payah.

"Banyak yang harus disiapkan dan dilakukan, terutama untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di sekolah tersebut, mulai dari kepala sekolah, guru dan siswa harus punya komitken untuk meningkatkan kualitas pendidikan," katanya. ***4***

(V001)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024