Pemkab Sleman beri penghargaan OPD berprestasi

id Bupati sleman

Pemkab Sleman beri penghargaan OPD  berprestasi

Bupati Sleman Sri Purnomo (Foto antaranews.com)

Sleman, (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, memberikan penghargaan kepada organisasi perangkat daerah dan unit pelaksana teknis berprestasi.

Penghargaan diserahkan Bupati Sleman Sri Purnomo didampingi Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun serta Pj Sekretaris Daerah Iswoyo Hadiwarno di Sleman, Kamis.

Sri Purnomo mengatakan pengelolaan organisasi dan pelayanan publik Pemkab Sleman mengacu pada misi pertama pembangunan daerah yang tercantum dalam RPJMD 2016-2021 yakni meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui peningkatan kualitas birokrasi yang responsif dan penerapan e-government yang terintegrasi dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat.

"Diharapkan melalui pelaksanaan pelayanan publik yang baik dan prima dapat semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap birokrasi pemerintahan," katanya.

Ia mengatakan masyarakat dan pihak swasta pengguna pelayanan merupakan mitra dalam membangun daerah, menciptakan lapangan kerja, serta mewujudkan ketenteraman dan ketertiban.

"Karena itu pemerintah daerah harus memberikan informasi kebijakan dan pelayanan publik secara jelas, lengkap dan santun," katanya.

Pj Sekda Sleman Iswoyo Hadiwarno mengatakan penilaian dan penyampaian penghargaan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas OPD/UPT dalam melaksanakan tugas sesuai peraturan perundang-undangan, tuntutan dan kebutuhan masyarakat.

"Selain itu, juga untuk memberikan dorongan, motivasi kepala OPD/UPT dan jajarannya untuk melakukan perubahan serta perbaikan kinerja," katanya.

Berbagai penghargaan yang diberikan tersebut meliputi beberapa kategori diantaranya kategori kinerja organisasi perangkat daerah, penyelenggaraan pemerintahan kecamatan, penyelenggaraan pelayanan publik juga penyelenggaraan pelayanan informasi publik (PPID).

Pada ketegori organisasi perangkat daerah diperoleh Badan Kepegawaian Daerah (Terbaik I), Kantor Arsip Daerah (Terbaik II), Sekretariat Dewan Pengurus KORPRI (Terbaik III), kemudian untuk kinerja penyelenggaraan pemerintahan kecamatan diperoleh Kecamatan Ngemplak (Terbaik I), Kecamatan Sleman (Terbaik II), Kecamatan Kalasan (Terbaik III).

Selanjutnya kinerja penyelenggaraan pelayanan publik diperoleh Puskesmas Mlati II (Terbaik I), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Terbaik II), Puskesmas Sleman (Terbaik III), serta kinerja penyelenggaraan pelayanan informasi publik diperoleh Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Terbaik I), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Terbaik II) dan Kecamatan Depok (Terbaik III).

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan sertifikat SNI ISO 9001 tahun 2015 kepada UPT Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak.

Selain itu, acara dilanjutkan dengan sosialisasi hasil penilaian kepatuhan standar pelayanan publik sesuai Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik oleh Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Provinsi DIY.***4***

(V001)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024