Keamanan bandara amankan WNA karena bahayakan penerbangan

id Penumpang pesawat mabuk

Keamanan bandara amankan WNA karena bahayakan penerbangan

Keamanan Bandara Internasional Asisutjipto Yogyakarta mengamankan warga negara asing karena diduga mabuk di dalam pesawat Air Asia. (Foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto)

Sleman, (Antara Jogja) - Otoritas keamanan Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Selasa, mengamankan seorang warga negara asing asal Bolivia Demies Piere karena diduga dalam kondisi mabuk saat berada dalam pesawat Air Asia dan dinilai membahayakan penerbangan.

"Sesaat sebelum pesawat tujuan Yogyakarta-Singapura diberangkatkan ada penumpang yang komplain karena salah satu penumpang warga negara asing (WNA) omongannya meracau seperi orang mabuk," kata Station Manager Air Asia Wahyu Wijanarko.

Menurut dia, sebenarnya saat dari mulai "chek in" pihaknya sudah mendapatkan informasi, penumpang tersebut minta sesuatu yang bukan
hak dari penumpang.

"Akhirnya pramugari kita komplain, dan karena dinilai dapat membahayakan penerbangan, penumpang tersebut kemudian diturunkan," katanya.

Ia mengatakan, penumpang WNA tersebut kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh pihak otoritas Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

"Hasil dari pemeriksaan tidak didapati penumpang WNA ini mengkonsumsi narkoba maupun minuman keras, hanya mengalami depresi dan gangguan kesehatan," katanya.

Wahyu mengatakan, setelah menjalani pemeriksaan kesehatan, penumpang tersebut tetap tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan hingga kondidinya stabil.

Rencananya Demies Piere akan pulang ke negaranya Bolivia, dengan menggunakan jasa maskapai penerbangan Air Asia nomor penerbangan QZ658 dari Yogyakarta tujuan Singapura.

"Sedangkan untuk dokumen keimigrasian dan penerbangan calon penumpang ini dinyatakan lengkap," katanya.***2***

(V001)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024