UAD juara tiga kontes robot di Tiongkok

id uad

UAD juara tiga kontes robot di Tiongkok

Tim Robot Lanange Jagad Teknik Elektro FTI UAD didampingi dosen pembimbing yang juga Wakil Rektor III UAD Abdul Fadlil (Foto Antara/Bambang Sutopo Hadi)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Tim Robot "Lanange Jagad" dari Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta meraih juara tiga kontes robot tingkat internasional FIRA Robo World Cup 2016 di Beijing, Tiongkok.

"Tim yang terdiri atas lima mahasiswa dan dua dosen pembimbing itu meraih juara tiga pada kategori `wall climbing` dalam kontes robot yang digelar pada pertengahan Desember 2016," kata Wakil Rektor III Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Abdul Fadlil di Yogyakarta, Rabu.

Kelima mahasiswa itu adalah Umar Abdul Maajid, Alfath Jumarianto, Nanda Cahya Pangersa, Anggit Pamungkas, dan Ahmad Sopi Samosir, serta dua dosen pembimbing yakni Abdul Fadlil dan Nuryono Setya Widodo.

"Kontes robot internasional yang digelar pada Desember 2016 itu diikuti 20 tim dari sembilan negara meliputi Tiongkok, Singapura, Malaysia, Indonesia, India, Kanada, dan Meksiko. Indonesia mengirimkan tiga tim yakni ITS, ITB, dan UAD," kata Fadlil.

Dosen pembimbing Nuryono Setya Widodo mengatakan FIRA Robo World Cup memiliki tujuan dasar mengambil semangat ilmu pengetahuan dan teknologi robotika untuk orang awam dan generasi muda dalam sebuah kompetisi robot canggih dalam ruang tertutup.

"FIRA Robo World Cup yang dimulai pada tahun 1996 itu diharapkan akan membantu menumbuhkan ketertarikan dalam bidang robotika di kalangan generasi muda," kata dosen Teknik Elektro FTI UAD itu.

Ketua Tim Robot "Lanange Jagad" Alfath Jumarianto mengatakan tim telah menyiapkan diri selama empat bulan untuk mengikuti kontes robot tingkat internasional di Beijing yang melombakan tujuh kategori itu.

Tujuh kategori yang dilombakan dalam FIRA Robo World Cup 2016 itu antara lain "united soccer", "weight lifting", "wall climbing", "sprint", "marathon", "lift and carry", dan "long jump".

"Kami berhasil meraih juara tiga pada kategori `wall climbing`. Juara pertama kategori `wall climbing` diraih tim dari Meksiko dan juara dua dari Taiwan," kata Alfath.

(B015)
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024