Pilkada 2017 - pendukung pasangan calon debat dibatasi 25 orang

id pilkada kota yogya

Pilkada 2017 - pendukung pasangan calon debat dibatasi 25 orang

Dua pasangan bakal calon Kepala Daerah Kota Yogyakarta yaitu pasangan Imam Priyono-Achmad Fadli dan Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi seusai menjalani tes narkoba melalui rambut. DOK (Foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto)

Yogyakarta (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Kota Yogyakarta akan membatasi jumlah pendukung dari tiap pasangan calon kepala daerah pada saat menghadiri debat yaitu masing-masing maksimal 25 orang.

"Kami sudah menyampaikan hal tersebut kepada setiap pasangan calon kepala daerah dan timnya. Semuanya menyetujui. Kami rasa, jumlah tersebut sudah mencukupi," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta Wawan Budiyanto di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, pembatasan jumlah pendukung yang hadir secara langsung di ruangan pelaksanaan debat salah satunya didasarkan pada kondisi ruangan yang berada di studio salah satu televisi penyiaran nasional sehingga kapasitasnya terbatas.

"Di dalam ruangan pun, para pendukung dilarang meneriakkan yel-yel dan menjaga suasana agar tetap kondusif," katanya.

Debat pasangan calon kepala daerah untuk Pilkada Kota Yogyakarta akan digelar tiga kali yaitu pada 20 Januari, 27 Januari dan 3 Februari.

Seluruh debat dilakukan di studio salah satu televisi penyiaran nasional dengan durasi 90 menit. Setiap debat akan dipandu oleh seorang moderator yang membawakan tema tertentu yang sudah disepakati bersama.

Tiga tema yang sudah disepakati dengan tiap pasangan calon kepala daerah adalah mengenai pembangunan Kota Yogyakarta, permasalahan yang dihadapi Kota Yogyakarta dan tema ketiga menyangkut pelayanan publik serta kesejahteraan masyarakat.

"Kami sedang mematangkan pertanyaan-pertanyaan yang akan disampaikan pada saat debat dan melakukan koordinasi mengenai nama-nama moderator yang akan memandu debat," katanya.

Pada setiap debat akan dihadiri oleh pasangan calon kepala daerah, dan masing-masing pasangan calon kepala daerah bisa saling mengajukan pertanyaan selain menjawab pertanyaan dari moderator.

"Selain disiarkan secara langsung mulai pukul 16.30 WIB, debat pasangan calon kepala daerah ini juga akan direkam untuk disiarkan di televisi swasta lokal," katanya.

Ia berharap, kedua pasangan calon kepala daerah yang akan bersaing dalam Pilkada Kota Yogyakarta dapat melakukan persiapan yang baik untuk menghadapi debat. ***2***(E013)

Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024