Disdikpora Gunung Kidul siapkan UNBK SMP

id UNBK

Disdikpora Gunung Kidul siapkan UNBK SMP

Ilustrasi (ANTARA FOTO/Lucky R./aww/16.)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tengah mempersiapkan?Ujian Nasional Berbasis Komputer untuk Sekolah Menengah Pertama.

"Segala sesuatu tengah kami persiapkan, karena belum semua sekolah memiliki sarana penunjang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), karena minimal ada 20 unit komputer," kata Kepala Bidang SMP Disdikpora Kabupaten Gunung Kidul Kusmanto di Gunung Kidul, Selasa.

Selain masalah alat, lanjut Kusmanto, ada beberapa sekolah yang terkendala jaringan internet yang belum memadahi. Saat ini ada 111 SMP, baik negeri maupun swasta, yang tersebar di 18 kecamatan.

"Masih ada sekolah yang jaringannya internet kurang bagus terutama di pinggiran," katanya.

Kusmanto mengatakan pada 2016 baru terdapat empat SMP yang dapat menyelenggarakan UNBK, yakni SMP N 1 Ponjong, SMP N 1 Wonosari, SMP N 1 Karangmojo, dan SMP N 1 Patuk. Untuk upaya agar tahun ini meningkat, pihaknya berkoordinasi dengan Sekolah Menengah Atas yang melaksanakan UNBK.

Selain itu, pihaknya mengusulakan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017 Kabupaten Gunung Kidul pengadaan 924 unit komputer untuk 59 SMP.

"Kami akan terus meningkatkan jumlah sekolah yang memiliki komputer yang bisa digunakan untuk ujian," katanya.

Kepala SMP N 1 Saptosari Suyanta mengatakan pihaknya mempersiapkan 25 komputer untuk UNBK.

Namun demikian, pihaknya belum mengetahui spesifikasi komputer tersebut sudah sesuai atau belum.

"Kalau ditunjuk, kami siap melaksanakan UNBK," katanya. 

KR-STR