Pelajar Bantul tanam pohon di bantaran sungai

id tanam pohon

Pelajar Bantul tanam pohon di bantaran sungai

Siswa SMAN I Jetis tanam pohon di bantaran sungai (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (Antara) - Ratusan pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Jetis Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menanam pohon di bantaran Sungai Winongo untuk turut menjaga lingkungan.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah menanamkan jiwa siswa yang suka kebersihan lingkungan dan suka penghijauan," kata Kepala SMAN 1 Jetis Bantul Herman Priyana di sela kegiatan itu di Bantul, Rabu.

Selain melakukan penanaman bibit pohon di bantaran Sungai Winongo kawasan bendung Mejing Desa Sumbermulyo, ratusan siswa juga melakukan bersih lingkungan di aliran Sungai Winongo kecil Jalan Parangtritis.

Menurut dia, setidaknya ada sekitar 250 siswa kelas 10 atau kelas satu SMAN 1 Jetis yang terlibat dalam kegiatan tersebut, yang dibagi menjadi dua kelompok.

"Kegiatan ini kerja sama dengan Forum Komunitas Winongo Asri DIY dalam program penanaman pohon tahap pertama. Karena nanti diharapkan bisa melakukan penghijauan di bantaran Sungai Winongo," katanya.

Herman mengaku tema penanaman pohon dan bersih lingkungan dipilih karena SMAN 1 Jetis merupakan sekolah Adiwiyata yang mendidik anak untuk cinta lingkungan dan cinta kebersihan di kawasan sungai.

"Saat ini banyak sekali sungai di DIY yang mulai tercemar dan fungsinya berkurang, makanya kita latih anak-anak di samping kebersihan lingkungan pada umumnya juga sungai ini yang jadi sasaran utama," katanya.

Herman juga mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut menjadi bagian dari upaya pencegahan kenakalan remaja, sebab melalui kegiatan itu para siswa bisa mengurangi kegiatan-kegiatan negatif yang tidak bermanfaat.

"Sudah komitmen dari SMAN 1 Jetis bahwa dalam pendidikan itu karakter adalah segala-galanya. Anak harus dibiasakan cinta lingkungan, kalau dengan lingkungan cinta, maka dengan sesama bisa saling menghormati," katanya.

(KR-HRI)