Warga Gunung Kidul budi daya ikan sidat

id Warga Gunung Kidul budi daya ikan sidat

Warga Gunung Kidul budi daya ikan sidat

Budi daya ikan kolam di Panggungharjo, Kabupaten Bantul, DIY (Foto)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Warga di Dusun Susukan 2, Desa Gejahan, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai mengembangkan budi daya ikan sidat dengan memamnfaatkan melimpahnya air di desa tersebut.

Pembudi daya ikan Sidat Widodo di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan untuk memelihara ikan sidat tidak terlalu rumit, hanya diperlukan sirkluasi air yang baik dan pemberian makan secara teratur karena di wilayhnya air melimpah, hal ini tidak sulit.

"Di sini airnya cukup melimpah sehingga mudah dalam pemeliharaan," kata Widodo.

Ia mengatakan dirinya memulai bisnis ikan sidat sejak beberapa tahun lalu, semula ada kekhawatiran dalam memelihara ikan yang berbentuk mirip belut ini, tetapi ia tetap optimis dengan bisnis memelihara ikan sidat tersebut.

"Awalnya cukup sulit untuk memulai bisnis ini," katanya.

Widodo mengatakan tidak ada kendala yang berarti, menurutnya kebutuhan akan ikan sidat ini sangat besar, terlebih permintaan dari Jepang dan Korea yang tinggi.

"Makanananya cukup mudah karena sudah ada pelet khusus, yang penting rutin memberikan makan ikan dua kali pagi dan sore," katanya.

Ia mengatakan dari bibit yang berumur tiga minggu, ikan sidat dapat dipanen dalam jangka waktu enam sampai delapan bulan. pada masa panen per kilogram ikan sidat dapat terjual dengan harga Rp180 ribu.

"Setiap panen dapat memanen hingga satu kuintal," katanya.

Ia mengatakan ikan sidat yang memiliki gizi tinggi ini sangat diminati baik warga Gunung Kidul maupun luar Gunung Kidul. bahkan sudah ada pelanggannya yang memesan ikan peliharaan widodo sejak beberapa bulan sebelum ikan dipanen.

Salah seroang pembeli Adhitya mengaku membeli ikan sidat untuk anaknya yang masih balita. Dari artikel yang dibaca banyak manfaatnya terutama untuk perkembangan anak.

"Saya sengaja memesan untuk anak saya," katanya.

(U.KR-STR)