Yogyakarta siapkan rehabilitasi jembatan Karangrejo

id Yogyakarta

Yogyakarta siapkan rehabilitasi jembatan Karangrejo

Pemkot Yogyakarta (Foto Istimewa)

Yogyakarta (Antara) - Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta menyiapkan rehabilitasi Jembatan Karangrejo yang melintasi Sungai Winongo di Kecamatan Tegalrejo karena kondisinya sudah rusak.

"Saat ini, jembatan tersebut sudah ditutup. Tidak bisa lagi dilalui kendaraan roda empat meskipun masih diperbolehkan untuk dilalui sepeda motor," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kota Yogyakarta Agus Tri Haryono di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, kerusakan jembatan terjadi karena besi jembatan mengalami koropos, begitu pula dengan gelagar jembatan dalam keadaan hancur serta plat lantai jembatan pecah.

Oleh karena itu, lanjut Agus, perlu dilakukan perbaikan secepatnya terhadap jembatan, bahkan akan dilakukan peningkatan kondisi jembatan agar bisa mendukung aktivitas masyarakat di sekitar.

Pemerintah Kota Yogyakarta menganggarkan dana sekitar Rp3,6 miliar untuk perbaikan jembatan dengan menggunakan struktur bajar agar pengerjaannya lebih efisien namun jembatan tetap kokoh.

"Pertengahan Februari ini jika memungkinkan akan kami masukkan ke lelang sehingga Maret sudah ada pemenangnya dan bisa dikerjakan. Waktu pengerjaan adalah sekitar 150 hari," kata Agus.

Jembatan yang semula hanya memiliki lebar empat meter akan ditingkatkan menjadi tujuh meter karena akan ada penambahan trotoar di sisi jembatan masing-masing satu meter.

"Khusus untuk lebar jembatan yang bisa dilalui kendaraan umum adalah lima meter," katanya yang berharap masyarakat ikut memelihara saat jembatan sudah selesai diperbaiki, salah satunya dengan tidak memarkirkan kendaraan di jembatan.

Ia menyebut, masih banyak ditemukan kendaraan yang terparkir di jembatan sehingga sangat berbahaya karena akan menambah beban jembatan.

Selain Jembatan Karangrejo, Dinas PUPKP Kota Yogyakarta juga melakukan perbaikan terhadap Jembatan Tunjung, khususnya dengan memperbaiki aliran air dan menambah pelindung jembatan untuk mengantisipasi pergerakan tanah.

(E013)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024