Pilkada 2017 - Satpol PP cek kekuatan kawal pelaksanaan Pilkada

id Satpol PP

Pilkada 2017 - Satpol PP cek kekuatan kawal pelaksanaan Pilkada

ilustrasi, Satpol PP (Foto Antara)

Kulon Progo, (Antara Jogja) - Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar apel mengecek kekuatan dan sarana guna mengawal pelaksanaan Pilkada Kulon Progo 2017.

Penjabat Bupati Kulon Progo Budi Antono di Kulon Progo, Senin, mengatakan nerdasarkan PP Nomor 6 Tahun 2016 Sat Pol PP mempunyai tugas menegakkan Perda dan menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat.

"Pilkada serentak ini harus ada sistem dan strategi dalam menciptakan ketertiban, ketenteraman, dan perlindungan masyarakat yang harus direncanakan secara matang dan maksimal agar Pilkada dapat berjalan dengan lancar serta terjaganya ketertiban dan ketenteraman masyarakat selama pelaksanaan pilkada," kata Budi Antono.

Ia mengatakan Kabupaten Kulon Progo sebagai salah satu Kabupaten yang akan melaksanakan pemilihan bupati dan wakil bupati, tentunya membutuhkan persiapan semua pihak yang terkait, termasuk Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) yang akan ikut mengawal jalannya pilkada hingga berjalan dengan lancar dan sukses.

Selain itu, Satpol PP sebagai Aparatur Sipil Negara harus dapat berperan optimal dalam menyukseskan penyelenggaraan Pilkada dengan cara menjaga netralitas, melakukan deteksi dan cegah dini terhadap indikasi adanya politik uang, baik dalam bentuk barang maupun uang.

"Saat menjalankan tugas, Satpol PP dan Satlinmas agar bertindak humanis, dengan salam, sapa dan senyum. Ini diperlukan untuk menunjukkan bahwa aparatur pemerintah adalah pribadi-pribadi yang ramah," kata dia.

Sekretaris Disatpol PP Duana Heru Supriyanta mengatakan kegiatan apel ini dilaksanakan dalam rangka cek kekuatan dan sarana orasarana untuk pengaman Pilkada 2017, dengan peserta apel dari Satpol-PP, Ka Sie Trantib Kecamatan dan Satlinmas.

Sejauh ini, Satpl PP antara lain melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) selama kampanye atas rekomendasi KPU dan Panwas, Pembinaan dan latihan kepada Satlinmas agar mereka siap di tiap TPS. ***2***

(KR-STR)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024