Pemkab Gunung Kidul harapkan pengusaha selesaikan perizinan

id Pemkab Gunung Kidul harapkan pengusaha selesaikan perizinan

Pemkab Gunung Kidul harapkan pengusaha selesaikan perizinan

Kabupaten Gunung Kidul (Foto Istimewa) (istimewa)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan pengusaha yang akan berinvestasi unuk segera menyelesaikan perizinan.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Gunung Kidul Hidayat di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan ada 33 perusahaan yang akan menginventasikan modalnya ke Gunung Kidul di antaranya dalam bidang hotel, rumah sakit, rumah makan, hingga resor.

"Total yang masuk ada 33 perusahaan yang belum menyelesaikan izin," katanya.

Ia mengatakan sejumlah perizinan mulai dari izin lingkungan hingga izin operasional harus dimilki perusahaan sebelum beroprasi.

"Seperti resor-resor ini memang banyak yang masuk izinya tetapi mereka belum mengurus izin lainnya, seperti izin lingkungan dan gangguan," katanya.

Hidayat mengatakan kepimilikan perusahaan yang akan menanamkan investasinya beragam, mulai skala lokal hingga nasional yang menggandeng pengusaha internasional. Seperti Resor yang akan di bangun di Pantai Krakal investornya pengusaha nasional dan pengusaha Australia.

"Sudah banyak yang akan menanamkan investasinya di Gunungkidul terutama bidang pariwisata," katanya.

Kepala Bidang Penanaman Modal, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Gunung Kidul Johan pihaknya tak bisa menargetkan kapan pengusaha tersebut menyelesaikan izin karena tergantung dari investor. Penyelesaian cepat maka perusahaan segera beroperasi.

"Kalau mampu memenuhi persyaratan dengan cepat. Kami juga akan melayani dengan cepat," katanya.

(U.KR-STR)