BNPB apresiasi BPBD Sleman beri BPJS relawan

id BNPB

BNPB apresiasi BPBD Sleman beri BPJS relawan

Deputi Penanganan Darurat BNPB Tri Budiarto saat memberikan keterangan pers disela Rakernas BNPB-BPBD di Sleman, Yogyakarta. (Foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto)

Sleman (Antara) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sangat mengapresiasi langkah yang diambil Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta yang memberikan jaminan melalui BPJS Ketenagakerjaan kepada 300 relawan bencana setempat.

"Kami apresiasi langkah bagus dari BPBD Kabupaten Sleman ini, maka dari itu penyerahan kartu BPJS Ketenagakerjaan untuk relawan ini dilakukan bersamaan dengan Rapat Kerja Nasioinal BNPB-BPBD di Sleman Yogyakarta Rabu (22/2) malam," kata Deputi Penanganan Darurat BNPB Tri Budiarto di Sleman, Rabu.

Menurut dia, pemnberian BPJS Ketenagakerjaan kepada relawan ini akan disaksikan langsung oleh sekitar 36 BPBD provinsi dan puluhan BPBD kabupaten/kota se Indonesia.

"Harapan kami langkah yang ditempuh BPBD Sleman ini juga dapat diikuti oleh BPBD daerah lain," katanya.

Ia mengatakan, relawan merupakan anggota masyarakat yang membaktikan diri, baik tenaga, waktu dan pikiran dalam kegiatan penanggulangan bencana.

"Relawan itu kan sifatnya sukarela, mereka tidak mendapatkan gaji. Sehingga sangat wajar bila mereka didukung dengan jaminan kesehatan untuk membantu meindungi keselamatannya," katanya.

Tri Budiarto mengatakan, harus diakui peran relawan dalam upaya penanggulangan bencana cukup besar karena mereka selalu ada setiap ada peristiwa bencana.

"Selama ini personel di BPBD yang ada di daerah juga sangat terbatas. Sehingga dengan adanya relawan ini kebutuhan personel dapat terbantu," katanya.

Rakerna BNPB-BPBD se Indonesia dihadiri lebih dari 3.000 peserta dari seluruh Indonesia.

Rakernas yang mengangkat tema "Mewujudkan BPBD yang tangguh, teruji dan Profesional Dalam Bingkai Kebersamaan" ini nantiya diharapkan akan merumuskam "Deklarasi Yogyakarta" sebagai pedoman dalam penannggulangan bencana.

Ia mengatakan, rakernas yang dijadwalkan akan dibuka secara resmi oleh Menko PMK Puan Maharani pada Kamis (23/2) ini juga akan menghadirkan sejumlah menteri dan Ketua Komisi VIII DPR sebagai nara sumber.

(V001)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024