Warga Printali DIY kembangkan objek wisata baru

id pariwisata

Kulon Progo, (Antara Jogja) - Warga Pedukuhan Pringtali, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta mengembangkan objek wisata baru berbasis potensi keindahan alam dan sejarah.

Ketua Karang Taruna Pringtali, Jatimulyo, Sumarwan, di Kulon Progo, Kamis, mengatakan potensi wisata yang bisa dikembangkan yakni Kedung Banteng dan sungai di pegunungan.

"Kedung Banteng dan sungai di pegunungan sangat indah dan berpotensi dimanfaatkan untuk kegiatan outbond seperti river tubing," kata Sumarwan saat melakukan audiensi dengan Komisi IV DPRD Kulon Progo.

Ia mengatakan pengembangan wisata di Pringtali merupakan inisiatif warga, mengingat adanya potensi keindahan alam yang ada di wilayahnya. Namun persoalan anggaran menjadi kendala dalam mengembangkan potensi tersebut.

Warga berharap ada bantuan dari pemerintah daerah agar pengembangan wisata bisa lebih cepat dan akan berdampak pada kesejahteraan warga.

"Kami berharap ada bantuan untuk membuat jembatan, taman-taman, dan sarana-sarana lainnya," ujarnya lagi.

Ketua DPRD Kulon Progo Akhid Nuryati meminta Dinas Pariwisata setempat mangakomodir inisiatif warga masyarakat tersebut dengan menggali dan menuliskan nilai sejarah yang ada, sehingga bisa menjadi bagian untuk memasarkan calon objek wisata baru itu.

"Kami berharap warga juga harus menyiapkan dengan menunjukkan lokasi dan gambaran rencana pengembangannya," katanya pula.

Kabid Destinasi Dinas Pariwisata Kulon Progo Sari Wulandari mengatakan bantuan yang mungkin diberikan untuk pengembangan objek wisata baru Kedung Banteng tersebut bisa berupa pembangunan sarana prasarana dan bukan berupa uang.

Dia mencontohkan, pada 2017 ini ada bantuan semacam itu untuk wisata Nglinggo dan Tritis di Samigaluh.

"Kami harapkan warga Pringtali datang ke Dinas Pariwisata untuk membahas hal ini, karena membuka objek wiata baru juga perlu memenuhi secara administratifnya juga," katanya pula.***1***

(KR-STR)