Masyarakat Pringtali didorong bentuk pokdarwis kelola wisata

id Kulon progo

Masyarakat Pringtali didorong bentuk pokdarwis kelola wisata

Kabupaten Kulon Progo (Foto Istimewa)

Kulon Progo, (Antara Jogja) - Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Kulon Progo Priyo Santoso mendorong masyarakat Pedukuhan Pringtali, Desa Jatimulyo membentuk kelembagaan kelompok sadar wisata untuk pengembangan Kedung Banteng dan sungai di pegunungan.

Priyo di Kulon Progo, Minggu, mengatakan bahwsa kelompok sadar wisata (pokdarwis) sangat penting sehingga perencanaan ke depan akan lebih sistematis dan terarah.

"Keberadaan pokdarwis mempermudah masyarakat mengakses bantuan dari pihak pemerintah dan swasta," kata Priyo.

Ia mengatakan bahwa Komisi IV DPRD Kulon Progo memberikan apresiasi dan dukungan atas semangat masyarakat untuk membuat destinasi wisata baru Kedung Banteng.

Hal itu, menurut dia, menunjukkan bahwa pemikiran masyarakat untuk memajukan daerah sangat tinggi sehingga pembangunan di daerah cepat berkembang.

Selama 8 bulan, masyarakat berswadaya membuat dan melengkapi sarana dan prasarana walaupun baru seadanya. Saat ini, sudah ada taman gedung pertemuan dan gazebo-gazebo santai.

"Kami meminta pemerintah daerah untuk mendukung semangat warga mengembangkan dan mengelola destinasi wisata Kedung Banteng dan sungai di pegunungan," kata Priyo.

Sementara itu, Ketua Karangtaruna Pringtali Sumarwan mengatakan bahwa Kedung Banteng dan sungai di pegunungan sangat indah dan berpotensi untuk kegiatan outbound, seperti river tubing," kata Sumarwan.

Ia mengatakan bahwa pengembangan wisata di Pringtali merupakan inisiatif dari warga mengingat adanya potensi keindahan alam yang ada di wilayahnya.

Meski demikian, lanjut dia, persoalan anggaran menjadi kendala dalam mengembangkan potensi tersebut.

Untuk itu, warga berharap ada bantuan dari pemerintah daerah agar pengembangan wisata bisa lebih cepat dan akan berdampak pada kesejahteraan warga.

"Kami berharap ada bantuan untuk membuat jembatan, taman-taman, dan sarana lainnya," katanya.***1***

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024