Persediaan cabai di Bantul masih mencukupi

id cabai

Persediaan cabai di Bantul masih mencukupi

Cabai hijau yang dijual di pasar tradisional (Foto ANTARA/Dok)

Bantul (Antara) - Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta mengyatakan persediaan cabai di pasar rakyat daerah ini madih mampu mencukupi kebutuhan permintaan masyarakat.

"Kami punya petugas pasar untuk selalu memantau terutama harga kebutuhan pokok di pasar termasuk ketersediaannya, dan untuk cabai sampai saat ini kondisi di Bantul masih tercukupi," kata Kepala Dinas Perdagangan Bantul Subiyanto Hadi, di Bantul, Senin.

Subiyanto mengakui komoditas cabai di Bantul, bahkan di beberapa daerah lain, saat ini sedang mengalami penurunan produksi akibat cuaca ekstrem ini.

Kondisi itu mengakibatkan harga cabai di tingkat pedagang pasar masih tinggi sejak naik beberapa waktu lalu.

Namun demikian, katanya lagi, untuk memastikan ketersediaan kebutuhan pokok strategis termasuk cabai di pasar tetap ada, juga berkoordinasi dengan lurah-lurah pasar setempat agar pasokan atau distribusi bahan pokok terus lancar.

"Koordinasi jalan terus, dan tadi pagi saya gelar apel untuk kesiapan monitoring dan pengawasan pasar dengan membuat jadwal petugas pasar untuk terjun ke lapangan. Kami sampaikan mulai Maret nanti tim kami akan bergerak," katanya lagi.

Subiyanto juga mengatakan, meski ketersediaan cabai terus berkurang, namun instansinya tidak mengambil langkah mengusulkan dilakukan operasi pasar (OP) karena komoditas tersebut tidak termasuk bahan pokok yang disubsidi pemerintah.

"Cabai bukan komoditas subsidi pemerintah, beda dengan beras dan minyak goreng yang pernah diadakan OP oleh Bulog, di luar itu belum pernah OP. Bahkan untuk OP beras di Bantul sudah diagendakan Bulog," katanya lagi.

Menurutnya, berdasarkan pantauan terakhir petugas pasar, harga cabai rawit merah masih bertahan Rp120 ribu per kilogram, cabai rawit hijau Rp70.000 per kilogram, sedangkan cabai merah keriting Rp36.000 per kilogram.

"Harga kebutuhan pokok itu dinamis, pekan ini ada yang naik ada juga yang turun, namun untuk cabai harganya masih tinggi," kata dia.

(KR-HRI)