Sleman targetkan raih KLA kategori nindya

id sleman, kabupaten layak anak

Sleman targetkan raih KLA kategori nindya

Anak-anak menikmati permainan tradisional (Foto ANTARA/Noveradika)

Sleman, 1/3 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menargetkan meraih predikat Kabupaten Layak Anak Kategori Nindya.

"Setelah pada 2015 Kabupaten Sleman memperoleh Predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) dengan kategori Madya, kini Sleman menargetkan kategori Nindya," kata Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun dalam Rapat Koordinasi Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak, Rabu.

Menurut dia, Kabupaten Sleman memiliki peluang besar untuk meraih predikat Kabupaten Layak Anak kategori Nindya.

"Saya harap dengan kerja keras dan kerja cerdas seluruh elemen lintas sektor, Kabupaten Sleman dapat memperoleh predikat tersebut," katanya.

Ia mengatakan meskipun indikator penilaian lebih sedikit dibanding penilaian sebelumnya diharapkan agar lebih didalami lagi apa yang harus dipenuhi untuk mencapai indikator tersebut.

"Selain itu dengan menampilkan potensi pendukung KLA yang tidak dimiliki kabupaten/kota lainnya di Indonesia untuk tercapainya KLA kategori Nindya," katanya.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat (BPPM) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Arida Oetami mengatakan penilaian Kabupaten Layak Anak dimulai pada Maret.

"Penilaian KLA diawali pengiriman data secara online, kemudian dilakukan verifikasi. Pada penilaian tahun sebelumnya dari lima kabupaten/kota di DIY meraih satu pratama, tiga madya, dan satu belum berhasil mendapatkan predikat," katanya.

Arida menambahkan, jumlah indikator penilaian dipadatkan dari 31 indikator menjadi 25 indikator dengan indikator kuantitas.

"Indikator penilaian terbanyak ada pada bidang kesehatan dengan sembilan indikator. Saya berharap pada KLA tahun ini DIY bisa meningkatkan predikatnya," katanya.***4***
Pewarta :
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024