Timnas balap sepeda direncanakan "training camp" di China

id training camp timnas balap sepeda

Timnas balap sepeda direncanakan "training camp" di China

Ilustrasi (ANTARA FOTO/Zabur Karuru/Spt/16.dok)

Jakarta (Antara) - Timnas balap sepeda Indonesia yang dipersiapkan untuk menghadapi SEA Games 2017 maupun Asian Games 2018, selain akan melakukan uji coba di luar negeri juga akan melakukan "training camp" (TC) di Kumning, China pada medio Mei.

"Rencananya memang begitu. Pada Mei nanti kami menjadwalkan melakukan training camp di sana (Kumning)," kata pelatih kepala timnas balap sepeda Wahyudi Hidayat di sela rapat konsolidasi persiapan SEA Games 2017 dan Asian Games 2018 di Wisma Kemenpora, Jakarta, Jumat.

Menurut dia, uji coba di luar negeri serta training camp memang sangat diperlukan bagi pebalap yang saat ini sudah menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas). Hal ini dilakukan untuk menguji kemampuan sebelum turun dikejuaraan resmi.

Saat ini timnas balap Indonesia memang digembleng di beberapa tempat yang di antaranya di Solo, Jawa Tengah dan Yogyakarta. Pebalap yang dipanggil menjalani pelatnas merupakan pebalap terbaik, termasuk yang bersinar saat PON 2016 di Jawa Barat.

Ditanya nomor apa saja yang bakal melakukan training camp di Kumning, Wahyudi menjelaskan bakal ada dua nomor yaitu "track" dan "road race". Pihaknya menilai training camp di Negeri Tirai Bambu ini tepat bagi pebalap yang selama ini menjalani pelatnas.

"Sementara dua nomor itu. Track dan raod race," ujar salah satu pelatih balap sepeda senior di Indonesia itu.

Meski condong ke China, Wahyudi menambahkan jika ada beberapa alternatif untuk lokasi training camp maupun uji coba. Sebut saja Australia. Bahkan, direktur performa tinggi Satlak Prima Deny Gumulya juga sempat melontarkan training camp bisa saja digelar di Inggris.

Sementara itu, lima pebalap timnas baru saja menyelesaikan balapan di Asian Cycling Championship (ACC) di Bahrain. Pebalap yang diberangkatkan adalah Elan Riyadi, Jamalidin Novardianto, Maghfirotika Mareda, Ayustina Delia Priatna dan Liontin Evangelina Setiawan.

Pada kejuaraan bergengsi di Asia itu, tim Indonesia mampu meraih satu medali perunggu lewat Liontine Evangelina Setiawan dari nomor women junior ITT. Selain itu, PB ISSI juga mengirimkan satu pebalap paracycling yaitu Muhammad Fadli.***4***(B016)