Pilkada 2017 - Dua pasangan calon siap jalani sidang MK

id pilkada kota yogyakarta

Pilkada 2017 - Dua pasangan calon siap jalani sidang MK

Dua pasangan bakal calon Kepala Daerah Kota Yogyakarta, Imam Priyono-Achmad Fadli dan Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi. (Foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Dua pasangan calon kepala daerah dalam Pilkada Kota Yogyakarta memastikan siap menjalani sidang panel maupun sidang pleno di Mahkamah Konstitusi atas permohonan yang dilayangkan pasangan calon nomor satu.

"Kami siap memberikan keterangan kepada Mahkamah Konstitusi dan siap mengajukan alat atau dokumen bukti sesuai ketentuan yang berlaku," kata anggota tim advokasi pasangan Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi, Sahlan Adi Putra Alboneh, di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, pasangan calon nomor dua itu akan bertindak sebagai pihak terkait dalam sidang Mahkamah Konstitusi atas permohonan yang diajukan oleh pasangan calon nomor satu Imam Priyono-Achmad Fadli.

Sedangkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta akan bertindak sebagai pihak termohon.

Pasangan calon nomor urut satu mengajukan permohonan ke MK atas berbagai faktor, di antaranya jumlah suara tidak sah yang cukup banyak dan berbagai temuan dugaan kejanggalan dalam daftar pemilih tetap serta penerima surat undangan memilih.

Sementara itu, berdasarkan hasil rekapitulasi suara di tingkat KPU Kota Yogyakarta yang ditetapkan pada 24 Februari dinyatakan bahwa pasangan calon nomor dua memperoleh 100.333 suara sedangkan pasangan calon nomor satu meraih 99.146 suara.

"Kami meyakini bahwa penyelenggara pemilu, yaitu KPU Kota Yogyakarta dan Panwas Kota Yogyakarta, telah menyelenggarakan tugas dengan profesional serta tidak ada pelanggaran aturan yang bisa memengaruhi perolehan suara untuk pasangan calon nomor dua," kata Sahlan.

Ia pun memastikan bahwa suara yang diraih oleh pasangan calon nomor dua dihitung berdasarkan suara sah yang masuk. "Kami berharap masyarakat bisa memahami masalah ini secara bijak," katanya.

Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPC PDIP Kota Yogyakarta Fokki Ardiyanto selaku pihak pemohon ke MK mengatakan telah menyempurnakan materi formal permohonan ke MK.

"Sidang awal akan dilakukan pada 16 Maret. Sudah ada 32 anggota tim hukum dari DPP PDIP yang akan melakukan advokasi perselisihan pilkada di MK," katanya.

Jika permohonan yang diajukan dinyatakan memenuhi persyaratan maka akan dilanjutkan dengan sidang pada 6 April hingga 2 Mei dilanjutkan rapat hakim pada 3-9 Mei dan diakhiri dengan pembacaan putusan pada 10-19 Mei. ***2***

(E013)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024