Pemkab Gunung Kidul bangun kawasan perbatasan

id gunung kidul

Pemkab Gunung Kidul bangun kawasan perbatasan

Pemkab Gunung Kidul (foto istimewa)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan membangun titik perbatasan dengan Jawa Tengah di dua kecamatan, yakni Girisubo dan Purwosari, guna mempercantik kawasan perbatasan.

"Setelah dilakukan pengadaan lahan akan diteruskan pembuatan kawasan terbuka hijau di Kecamatan Purwosari dan Girisubo," kata Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Gunung Kidul Irawan Jatmiko di Gunung Kidul, Jumat.

Ia mengatakan bagwa pembangunan itu mengedepankan keberadaan muatan lokal di masing-masing kecamatan. Konsep ini telah diterapkan untuk pembangunan kawasan perbatasan di Patuk, Ngawen, dan Semin.

"Nantinya ada ciri khas masing-masing daerah," katanya.

Dengan adanya konsep kedaerahan, Irawan berharap bisa mengangkat ciri khas kecamatan. Misalnya, di Patuk dengan ikon topeng kayu; batik di Ngawen; pemahat batu di Semin.

"Saat ini, kami akan melakukan pembebasan lahan, kemungkinan pembangunan pada tahun depan. Kami juga akan mematangkan konsepnya," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pertahanahan Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Gunung Kidul Madyarina Mulyaningsih mengatakan bahwa pembebasan lahan di dua kecamatan mengalokasikan anggaran Rp1,3 miliar. Targetnya akhir tahun akan dilakukan pembebasan.

"Perinciannya Rp700 juta untuk pembebasan di Purwosari dan sisanya Rp600 juta untuk pembebasan di Girisubo," katanya.***3***

(KR-STR)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024