Disdikpora minta pendididkan kesetaraan koordinasikan masalah UNBK

id UNBK

Disdikpora minta pendididkan kesetaraan koordinasikan masalah UNBK

Ilustrasi (ANTARA FOTO/Lucky R./aww/16.)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta meminta seluruh lembaga pendidikan kesetaraan berkoordinasi di tingkat provinsi jika menghadapi kesulitan dalam menghadapi ujian nasional berbasis komputer.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta Kadarmanta Baskara Aji di Yogyakarta Kamis mengatakan bagi lembaga pendidikan kesetaraan yang telah mendaftar UNBK tidak dapat meralat menjadi menggunakan naskah kertas.

"Bagi pendidikan kesetaraan yang kemarin mendaftar UNBK jika ada perubahan (pusat) sudah tidak siap mencetak kertas," kata dia.

Menurut Aji untuk mengantisipasi kendala peralatan atau kesiapan lainnya bagi pendidikan kesetaraan dalam menghadapi UNBK, Disdikpora DIY akan langsung proaktif mencarikan solusi. "Karena sampai saat ini yang menyatakan tidak siap cukup banyak," kata dia.

Ia mengatakan seluruh lembaga pendidikan kesetaraan sebenarnya tidak memiliki pilihan dalam menentukan bentuk ujian nasional. Dalam format pendaftaran UN, bagi pendidikan kesetaraan tidak diberikan pilihan ujian nasional berbasis kertas. "Sehingga mereka asal `enter` saja," kata Aji.

Oleh sebab itu, Aji berharap meski saat ini kewenangan lembaga pendidikan kesetaraan ada pada pemerintah kabupaten, diharapkan khusus terkait kendala kesiapan UNBK dapat dikoordinasikan pada tingkat provinsi. Dengan dikoordinasikan di tingkat provinsi maka jangkauan fasilitas bantuan akan lebih luas.

  "Baik untuk peralatan di sekolah maupun fasilitas lainnya kami siap memenuhinya," kata dia.

Sementara itu, lanjut dia untuk lembaga pendidikan formal lainnya sepenuhnya telah memiliki kesiapan menyelenggarakan UNBK baik simulasi UNBK maupun pemetaan bantuan peminjaman komputer telah dilakukan.
L007
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024