Bupati minta seluruh komponen jaga stabilitas keamanan

id bupati sleman

Bupati minta seluruh  komponen jaga stabilitas keamanan

Bupati Sleman Sri Purnomo (Foto antaranews.com)

Sleman (Antara Jogja) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Purnomo meminta seluruh komponen pemerintah untuk menjaga stabilitas keamanan agar ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan yang dapat mengganggu stabilitas keamanan dapat teratasi.

"Kemajemukan bukanlah hal yang asing bagi kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Sri Purnomo dalam upacara HUT Ke-67 Satpol PP, HUT Ke-55 Satlinmas, dan HUT Ke-98 Pemadam Kebakaran di Lapangan Pemda Sleman, Jumat.

Ia mengatakan seperti halnya di Kabupaten Sleman sendiri keberadaan perguruan tinggi negeri dan swasta (PTN/PTS) menjadi salah satu penunjang adanya heterogenitas masyarakat, baik suku, agama, budaya, bahasa, dan daerah asal.

"Kondisi tersebut jika tidak dikelola dengan baik tentu akan menimbulkan tantangan tersendiri dalam sisi keamanan maupun ketenteraman masyarakat," katanya.

Menurut dia, keberadaan Satpol PP dan Satuan Perlindungan Masyarakat merupakan potensi besar yang harus dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan, seperti deteksi dini, pengamanan, pertahanan, dan bencana.

"Di samping itu, Satpol PP dan Satlinmas adalah garda terdepan dalam menegakkan peraturan di daerah serta perlindungan terhadap masyarakat," katanya.

Ia mengatakan Satpol PP harus mampu memberikan pelayanan yang cepat, tepat, dan bersikap ramah kepada masyarakat.

"Saya mengimbau kepada segenap komponen pemerintahan untuk bersama-sama menjalin kerja sama agar ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan yang dapat mengganggu stabilitas keamanan di wilayah kita dapat teratasi," katanya.

Sri Purnomo juga berharap dengan bertambahnya usia Satpol PP dan Satlinmas sebagai kesatuan yang besar, dapat menunjukkan kematangan eksistensi di tengah hiruk pikuk pembangunan dan meningkatnya berbagai permasalahan dan tantangan yang dihadapi masyarakat.

Selain itu, melalui momentum HUT Ke-98 Damkar, Sri Purnomo juga menyerukan kepada seluruh anggota damkar untuk memperkuat jajaran guna memberikan perlindungan dan rasa nyaman bagi masyarakat, serta terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas personel dan kelembagaan damkar untuk menyongsong tugas yang semakin kompleks pada masa yang akan datang.

Peringatan HUT Satpol PP dan Linmas? tahun ini mengambil tema "Peningkatan Peran Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat dalam Menjaga Kemajemukan Masyarakat di Daerah", sedangkan HUT Damkar tahun ini mengambil tema "Dengan Semangat Kebhinekaan, Pemadam Kebakaran Hadir Memberikan Perlindungan dan Rasa Nyaman kepada Masyarakat".
V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024