Yogyakarta peroleh DAK Rp15 Miliar perbaiki jalan

id jalan

Yogyakarta peroleh DAK Rp15 Miliar perbaiki jalan

ilustrasi (Foto ANTARA/Noveradika)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta memperoleh dana alokasi khusus sekitar Rp15 miliar yang akan digunakan untuk melakukan perbaikan sejumlah ruas jalan yang masuk dalam daftar prioritas.

"Ada lima ruas jalan yang akan diperbaiki dan dimasukkan dalam empat paket pekerjaan. Seluruhnya sudah masuk lelang," kata Kepala Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta Umi Akhsanti di Yogyakarta, Senin.

Keempat paket pekerjaan perbaikan jalan tersebut adalah perbaikan Jalan Veteran dialokasikan sebesar Rp4,1 miliar dengan total volume pekerjaan 1.490 meter persegi, Jalan Melati Wetan dan Jalan Mojo dialokasikan Rp2,5 miliar dengan total volume pekerjaan 950 meter persegi.

Berikutnya, Jalan Rejowinangun dialokasikan Rp2,4 miliar dengan total volume pekerjaan 450 meter persegi dan Jalan Imogiri Timur dialokasikan Rp5,6 miliar dengan total volume pekerjaan 1.280 meter persegi.

Selain melakukan peningkatan jalan dengan cara "overlay" aspal, di sejumlah ruas jalan yaitu Jalan Imogiri Timur, Jalan Rejowinangun dan Jalan Veteran juga akan dilakukan pembangunan saluran air hujan.

Umi menjelaskan, Dinas PUPKP Kota Yogyakarta bersama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan Pemerintah DIY telah melakukan pendataan kondisi jalan dan menetapkan sebanyak 19 ruas jalan yang masuk dalam prioritas perbaikan. Seluruh jalan ditargetkan selesai diperbaiki pada 2019.

Penentuan prioritas tersebut dilakukan berdasarkan beberapa faktor di antaranya kondisi fisik jalan berlubang atau mengalami kerusakan lain, kondisi lalu lintas dan beban jalan serta koordinasi dengan instansi lain.

"Misalnya, di ruas jalan tersebut akan dilakukan pembangunan saluran dalam dua tahun ke depan, maka kami tidak akan masukkan dalam skala prioritas karena jalan akan dibongkar lagi," ucapnya.

Selain menggunakan dana dari pusat, Pemerintah Kota Yogyakarta juga tetap menganggarkan dana untuk perbaikan jalan melalui APBD pada tahun ini sekitar Rp10 miliar.

"Ada lima paket pekerjaan. Di antaranya Jalan Patangpuluhan, Jalan Gedongkiwo, Jalan Minggiran dan Jalan Balapan. Kami upayakan pekerjaan sudah masuk lelang pada April," tuturnya.

Pada tahun ini, lanjut dia, baru ada sembilan ruas jalan yang diperbaiki dan akan dilanjutkan tahun berikutnya sesuai kemampuan anggaran pemerintah.

E013
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024