Jumat, 24 Maret 2017

Distan DIY imbau kabupaten segera perbaiki irigasi

id irigasi
Distan DIY imbau kabupaten segera perbaiki irigasi
Jaringan irigasi (Foto antaranews.com)
Yogyakarta (Antara Jogja) - Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta mengimbau pemerintah kabupaten/kota segera melakukan perbaikan jaringan irigasi sejak dini sebelum memasuki kemarau panjang 2017.

"Segera cek dan lakukan perbaikan saluran irigasi, kami sudah menyampaikan itu kepada teman-teman di kabupaten," kata Kepala Dinas Pertanian Derah Istimewa Yogyakarta Sasongko di Yogyakarta, Selasa.

Menurut Sasongko, meski tidak menyebutkan jumlahnya sesuai pemantauan banyak titik kerusakan jaringan irigasi yang harus diperbaiki.

Selain itu, ia juga berharap dinas terkait di tingkat kabupaten mampu menyiapkan embung atau cekungan yang digunakan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air sebagai salah satu upaya mengantisipasi kekeringan.

"Kita buat saja embung kecil-kecil untuk menyimpan cadangan air karena sangat dibutukan saat musim kemarau," kata dia.

Dengan upaya antisipasi itu, menurut dia, meski akan melalui musim kemarau DIY akan tetap mampu berkontribusi secara maksimal mendorong pencapaian swasembada tanaman pangan nasional berupa padi, jagung, dan kedelai pada tahun ini.

"Kami juga meminta saat kemarau tiba petani bisa memilih varietas padi yang tidak terlalu banyak membutuhkan air seperti padi gogo," kata dia.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Daerah Istimewa Yogyakarta memprakirakan musim kemarau akan terjadi secara bertahap di daerah itu mulai April 2017.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, awal musim kemarau akan terjadi secara bertahap mulai dari Gunung Kidul, Kota Yogyakarta, Kulon Progo hingga Sleman bagian utara. Setelah itu, kemarau akan terjadi secara total di DIY mulai Mei hingga Oktober 2017.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian (Distan) DIY Yektining Rahajeng?mengatakan hingga 2016 luas lahan sawah di DIY mencapai 55.425 hektare, terdiri atas 10.366 hektare di Kulon Progo, 15.225 hektare di Bantul, 7.865 hektare di Gunung Kidul, 21.907 hektare di Sleman, dan 62 hektare di Kota Yogyakarta.

Dengan penyusutan lahan itu, menurut dia, untuk 2017 Distan DIY hanya berani menargetkan produksi padi mencapai 879.566 ton atau menurun dari target 2016 yang sebelumnya mencapai 920.000 ton
L007

Editor: Nusarina Yuliastuti

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga