Umum - 24 ponpes ikuti Pospeda Sleman 2017

id sleman

Umum - 24 ponpes ikuti Pospeda Sleman 2017

Kabupaten Sleman (Foto Istimewa)

Sleman (Antara Jogja) - Sebanyak 24 pondok pesantren di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta), mengikuti Pekan Olahraga dan Seni Antar-Pondok Pesantren Tingkat Daerah atau Pospeda Sleman 2017.

"Total jumlah peserta Pospeda 2017 yang akan mengikuti cabang olahraga dan seni tahun ini sebanyak 1.041 santri," kata Kepala Bagian Kesejahteraan, Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman Hery Sutopo, Selasa.

Menurut dia, jumlah tersebut mengalami kenaikan dari tahun lalu?yang hanya diikuti 939 santri.

"Kegiatan Pospeda tahun ini diselenggarakan pada 21 hingga 22 Maret 2017 yang terdiri atas 16 jenis cabang lomba," kata Hery dalam pembukaan Pospeda di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman.

Ia mengatakan, cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu atletik, tenis meja, bulutangkis, bola volly, pencak silat, senam santri, dan futsal.

"Sedangkan cabang seni yang meliputi qasidah, hadrah, kaligrafi, pidato tiga bahasa, cipta puisi, dan stand up comedy," katanya.

Bupati Sleman Sri Purnomo yang membuka langsung acara tersebut menyampaikan bahwa Pospeda merupakan ajang bagi para santri untuk mengembangkan diri, berkreasi dan berprestasi sebagai upaya melahirkan generasi-generasi penerus yang berkualitas.

"Di sela-sela para santri memperdalam ilmu di pondok pesantren juga harus diimbangi dengan melatih kemampuan di bidang olahraga dan olah seni, sehingga akan menjadi seimbang antara kesehatan jasmani dan rohani. Akal yang sehat terletak pada jiwa yang sehat," katanya.

Sri Purnomo juga berharap dengan adanya penyelenggaraan tersebut dapat terjalin silaturahmi antar sesama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Sleman.

"Pospeda ini juga sebagai ajang untuk memunculkan bibit?bibit terbaik dari pondok pesantren di Kabupaten Sleman dan mampu berkompetisi ke tingkat yang lebih tinggi di tingkat DIY ataupun ke tingkat nasional," katanya.
V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024