Dewan usulkan pelantikan Bupati Kulon Progo terpilih

id pilkada

Dewan usulkan pelantikan Bupati Kulon Progo terpilih

ilustrasi (antaranews)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar pengumanan hasil Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih 2017 yang akan diusulkan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur setempat Sri Sultan HB X.

Ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo Akhid Nuryati di Kulon Progo, Kamis, mengatakan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2015, presiden dapat mengambilalih pelantikan yang artinya pelantikan dapat dilakukan presiden bersama-sama karena pelaksanaan pilkada dilakukan secara serentak.

"Pelantikan dilantik setelah 20 hari ditetapkan KPU. Hari ini (Kamis) lima hari pascaditetapkan KPU harus diusulkan DPRD ke Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri). Saat ini sudah lima hari, kami harus menyampaikan surat itu kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui gubernur. Jadi hari ini (Kamis) harus sampai ke gubernur," kata Akhid usai sidang istimewa DPRD.

Ia mengatakan berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kulon Progo Nomor 6/Ktps/KPU-Kab-013.329599/III/2017 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2017, pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kulon Progo 2017 Nomor Urut 2 Calon Bupati Terpilih Hasto Wardoyo dan Calon Wakil Bupati terpilih Sutedjo dengan perolehan suara sebanyak 220.643 suara ditetapkan sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih 2017.

Untuk itu, kata Akhid, pimpinan dewan akan meminta keterangan atau memohon supaya Mendagri melalui Gubernur DIY segera melantik Calon Bupati Terpilih Hasto Wardoyo dan Calon Wakil Bupati terpilih Sutedjo sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kulon Progo 2017-2022.

"Dinamika pembangunan di Kabupatn Kulon Progo segera dilaksanakan yang mengharapkan partisipasi dan kerja bupati-wakil bupati terpilih. Kami segera konsultasi ke Mendagri meminta kepastian kapan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih," kata Akhid.
KR-STR