Jonan tegaskan April-Juni listrik dan BBM tidak naik

id listrik dan BBM

Jonan tegaskan April-Juni listrik dan BBM tidak naik

Petugas sedang memperbaiki jaringan listrik untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Dok (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/aww/17.)

Jakarta (Antara) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menegaskan bahwa tarif dasar listrik nonsubsidi dan bahan bakar minyak (BBM) yang dikelola Pemerintah tidak akan mengalami kenaikan harga pada bulan April sampai Juni.

"April sampai dengan Juni tarifnya tidak akan berubah, listrik dan BBM," kata Ignasius Jonan usai diskusi terkait masa depan Migas Indonesia di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan tidak adanya kenaikan tersebut merupakan upaya efisiensi dari penghematan energi yang sudah dilakukan utamanya dari Perusahaan Listrik Negara (PLN).

"Efisiensinya apa, kalau pengen tahu lebih jelasnya itu PLN yang dapat memberitahukan," kata Jonan. Mantan Menteri Perhubungan tersebut selalu menekankan pentingnya efisiensi dalam industri kelola minyak dan gas bumi (migas).

Kemudian untuk BBM, ia mengatakan bahwa memang benar tidak akan ada kenaikan sampai bulan Juni. Terkait dengan upaya tersebut, Jonan meminta selalu memaksimalkan efisiensi.

Industri Migas diminta lebih kompetitif baik di kancah nasional dan internasional, guna turut meningkatkan perekonomian Indonesia.Jonan juga mencontohkan negara Jepang, di mana tidak mempunyai sumber daya alam namun mampu meningkatkan potensi perekonomian negara.

"Untuk harga kepada konsumen kami yang mengatur, jadi jangan mengambil keuntungan yang sebesar-besarnya. Karena harga bahan memang pasar yang menentukan," katanya.

Jonan menambahkan apalagi semakin lama harga gas dan BBM untuk penunjang energi listrik semakin berkurang, sehingga penghematan serta jaminan jangka panjang juga harus diperhitungkan.

"Jika memang harga gas di dalam negeri lebih mahal, ya mau tidak mau harus impor gasnya, demi mencapai lebih efisien," kata Jonan. ***1***(A072)