BPBD memberi pelatihan evakuasi bencana pengelola wisata

id BPBD

BPBD memberi pelatihan evakuasi bencana pengelola wisata

Ilustrasi--BPBD (antaranews)

Bantul (Antara) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan memberikan pelatihan evakuasi korban bencana bagi pengelola kawasan wisata terutama yang rawan bencana.

"Iya, tidak menutup kemungkinan pengelola kawasan wisata atau tempat publik suatu saat kita ajak pelatihan evakuasi," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul Dwi Daryanto di Bantul, Jumat.

Menurut dia, rencana untuk memberikan pelatihan evakuasi korban untuk sumber daya manusia (SDM) pengelola kawasan wisata itu guna membekali kemampuan dan keterampilan mereka ketika terjadi bencana alam di daerah tersebut.

Ia menyebutkan setidaknya ada beberapa kawasan di Bantul yang dijadikan tempat wisata yang menurut analisanya belum memperhatikan dampak risiko bencana yang berpotensi terjadi maupun keselamatan pengunjung.

"Jadi, selain pelatihan juga nantinya perlu disosialisasikan terhadap ancaman potensi bencana yang ada, sehingga antisipasinya sudah bisa dilakukan pengelola," katanya.

Dwi mengatakan BPBD Bantul saat ini sudah menjadi bagian dari tim Badan Perencanaan Tata Ruang Daerah Bantul, sehingga bisa mengambil kebijakan atau memberikan masukan terkait tata ruang di kawasan rawan bencana.

"Harapannya setiap kawasan wisata itu bisa memberikan rasa nyaman dan aman dari bahaya. Kita bisa memberikan rekomendasi agar daerah yang dimanfaatkan seperti ini supaya memperhatikan mitigasi bencananya," katanya.

Ia mengharapkan setiap pembukaan kawasan wisata atau tempat publik terutama di perbukitan memperhatikan upaya pengurangan risiko bencana demi keamanan dan keselamatan wisatawan.

"Semua daerah wisata harus perhatikan risiko ancamannya, jangan hanya membuka kawasan wisata tetapi tidak diperhitungkan dampak risiko bencana yang berpotensi terjadi," katanya.

(KR-HRI)