UII Yogyakarta tumbuhkan kecintaan kepada bumi pertiwi

id UII

UII Yogyakarta tumbuhkan kecintaan kepada bumi pertiwi

UII (Foto Istimewa)

Jogja (Antara) - Universitas Islam Indonesia Yogyakarta berupaya menumbuhkan kecintaan terhadap bumi pertiwi Indonesia yang kaya keragaman budaya dan keindahan alam di kalangan generasi muda.

"UII mempunyai peran edukatif untuk terus mengajak dan memberi pemahaman setiap generasi muda akan pentingnya menjaga bumi pertiwi," kata Rektor UII Nandang Sutrisno pada pembukaan Milad Ke-74 UII di Yogyakarta, Jumat.

Oleh karena itu, menurut dia, Milad Ke-74 UII mengambil tema "UII Membangun Bumi Pertiwi". Pemilihan tema tersebut relevan dengan upaya yang terus digalakkan di UII dengan visi UII sebagai rahmatan lil`alamiin.

"Ilmu pengetahuan yang diharapkan tidak hanya berupa pemikiran, pengetahuan ilmu agama, pengembangan diri, dan moral saja, tetapi juga bagaimana menumbuhkan kecintaan kepada bumi pertiwi," katanya.

Ia mengatakan, masih kurangnya tingkat kesadaran masyarakat dalam memahami kelestarian lingkungan alam dalam rangka menjaga bumi pertiwi juga menjadi tantangan bagi UII ke depan.

"Tantangan lainnya adalah internasionalisasi pendidikan di UII. Untuk menjawab tantangan itu satu per satu program studi unggulan di UII mulai mengupayakan pencapaian akreditasi internasional," katanya.

Akreditasi internasional, kata dia, dipandang sebagai pengakuan atas kualitas pendidikan di UII yang telah memenuhi standar pendidikan di tingkat global.

"Hal itu juga berarti para lulusan UII dari program studi terakreditasi internasional memiliki kesempatan yang lebih luas untuk diakui kompetensinya ketika bekerja di berbagai negara," katanya.

Menurut dia, upaya UII meningkatkan daya saingnya di level global menjadi semakin nyata dengan diraihnya sertifikat akreditasi internasional Korea Architecture Accrediting Board (KAAB) oleh Program Studi Teknik Arsitektur FTSP UII.

"Capaian itu menempatkan Program Studi Arsitektur UII sebagai satu-satunya yang terakreditasi internasional di lingkungan perguruan tinggi swasta (PTS), dan yang kedua secara nasional," katanya.

Selain itu, kata dia, Program Studi Akuntansi UII juga telah diakreditasi oleh the Association of Chartered Certified Accountants (ACCA).

Akreditasi itu diperoleh setelah dilakukan penilaian berkenaan dengan kesesuaian kurikulum Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi UII dengan standar kompetensi profesi akuntan yang ditetapkan oleh ACCA.

"Dengan raihan akreditasi itu mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi UII memperoleh kemudahan dalam mendapatkan sertifikasi profesi internasional," kata Nandang.

(B015)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024