KPu Bantul luncurkan Rumah Pintar Pemilu - (d)

id kpu

KPu  Bantul luncurkan Rumah Pintar Pemilu - (d)

KPU (Foto Antara) (template pilkada)

Bantul (Antara Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meluncurkan Rumah Pintar Pemilu sebagai media pendidikan pemilih dan sarana untuk melakukan edukasi nilai-nilai demokrasi dan kepemiluan.

"Rumah Pintar Pemilu merupakan sebuah konsep pendidikan pemilih melalui pemanfaatan ruang yang ada di KPU untuk melakukan seluruh program dan aktifitas pendidikan masyarakat," kata Ketua KPU Bantul M Johan Komara saat peluncuran di Bantul, Kamis.

Menurut dia, Rumah Pintar Pemilu (RPP) merupakan program prioritas nasional yang masuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Nasional 2015-2019 yang mana ditargetkan seluruh KPU kabupaten/kota di Indonesia mempunyai RPP.

Johan mengatakan, KPU Bantul merupakan daerah yang ditunjuk untuk mendirikan RPP itu bersama dengan sekitar 200-an satuan kerja (satker) lainnya, yang RPP di Bantul sendiri diberi nama Omah Kampung Pemilu KPU Bantul.

Ia mengatakan, keberadaan Omah Kampung Pemilu KPU Bantul diharapkan dapat mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pemilu dan demokrasi dengan cara memperkenalkan nilai-nilai dasar pemilu dan demokrasi.

Kemudian meningkatkan pemahaman pentingnya demokrasi bagi seluruh segmen dan menanamkan kesadaran nilai-nilai berdemokrasi untuk mewujudkan pemilu yang demokratis dan pemilu yang beritnegritas.

"Juga sebagai basecamp para pegiat pemilu untuk diskusi tentang strategi pendidikan pemilih dalam membangun gerakan, melahirkan gagasan pembaruan dan perbaikan proses politik dan demokrasi," katanya.

Menurut dia, Omah Pintar Pemilu dibentuk dan dikelola komisioner dan sekretariat KPU Bantul serta mendapat dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak, yakni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Institut Seni Indonesia (ISI) dan pemkab Bantul.

"Semoga Omah Pintar Pemilu dapat memberikan andil dalam peningkatkan partisipasi pemilih, baik secara kualitas maupun kuantitas dalam proses penyelenggaraan pemilu, dan menjadi pusat informasi kepemiluan," katanya.

Sementara itu Komisioner KPU Bantul Titik Istiyawatun Khasanah mengatakan, Omah Pintar Pemilu terdapat fasilitas ruang audio visual untuk menampilan film dan dokumentasi kepemiluan, ruang display, ruang simulasi dan ruang diskusi.

"Semua segmen baik pra-pemilih sejak TK sampai SMP, pemilih pemula, disabilitas, pemilih perempuan dan seluruh masyarakat dapat datang dan dilayani di Omah Pemilu untuk dapat pengetahuan kepemiluan di Indonesia," katanya.
KR-HRI
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024