Dinas : harga cabai di Bantul alami penurunan

id cabai

Dinas : harga cabai di Bantul alami penurunan

Pedagang cabai (Foto Antara)

Bantul (Antara) - Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan harga cabai di tingkat pedagang pasar rakyat daerah ini dalam beberapa pekan terakhir mengalami penurunan dari harga sebelumnya.

"Sejak pekan lalu harga cabai rawit sudah turun. Kalau sebelumnya sempat di atas Rp80 ribu per kilogram, pekan lalu sudah sekitar Rp60 ribu/kg," kata Kepala Dinas Perdagangan Bantul Subiyanta Hadi di Bantul, Senin.

Menurut dia, penurunan harga cabai rawit di tingkat pedagang pasar karena beberapa faktor, di antaranya makin tersedianya stok komoditas pangan strategis tersebut setelah stok menipis.

"Kabar tertangkapnya distributor cabai di Jakarta beberapa waktu lalu itu juga ada pengaruh dengan pasokan ke daerah-daerah karena `kan dari sana itu juga dikirimkan ke sini," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa turunnya harga cabai juga karena imbas dari tingginya harga cabai beberapa waktu lalu yang membuat daya beli masyarakat berkurang. Akibat, turunnya daya beli masyarakat stok komoditas itu jadi bertambah.

"Kalau kemarin orang mengatakan pasokan cabai tidak lancar itu harganya malah naik, cuma daya belinya `kan turun dan akhirnya stoknya `membleng` (berlebih) jadi harganya jadi turun," katanya.

Walaupun demikian, ketika ditanya apakah tingginya harga cabai beberapa waktu lalu karena kelangkaan komoditas tersebut, pihaknya membantah sebab pasokan cabai ke pedagang dari petani setempat masih cukup meski berkurang.

"Saya melihat di Bantul tidak ada kelangkaan cabai karena tidak ada gagal panen di Bantul, hanya saja produksi cabai petani menurun sehingga berpengaruh terhadap harganya," katanya.

Kalau dilihat stok dari hasil panen cabai petani di wilayah pesisir Bantul, menurut dia, cukup. Cuma ketika panen cabai itu, sebagian oleh petani dijual ke luar daerah, sementara ketika Bantul butuh harus mendatangkan dari luar.

Sementara itu, hasil pantauan terakhir oleh petugas Dinas Perdagangan Bantul di beberapa pasar rakyat harga cabai rawit sepekan terakhir stabil pada kisaran Rp60 ribu/kg, kemudian cabai rawit hijau pada kisaran Rp50 ribu/kg.

Harga komoditas strategis lainnya juga stabil, seperti bawang merah di kisaran Rp29 ribu/kg, bawang putih Rp35 ribu/kg. Sementara itu, daging sapi stabil pada kisaran Rp114 ribu/kg.

(KR-HRI)