Legislator: Pemkab Bantul perlu mengatasi ketimpangan ekonomi

id bantul

Legislator: Pemkab Bantul perlu mengatasi ketimpangan ekonomi

Kabupaten Bantul (Foto Istimewa)

Bantul, (Antara Jogja) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Setiya meminta pemerintah setempat mengatasi ketimpangan ekonomi daerah ini yang cukup besar.

"Kondisi ketimpangan ekonomi di Bantul yang cukup besar harus mendapatkan perhatian pemkab dalam penyusunan APBD," katanya di Bantul, Minggu.

Menurut dia, setidaknya ada tiga pendekatan yang dapat dilakukan pemerintah kabupaten untuk mengurangi ketimpangan ekonomi atau gini rasio yang cukup besar di daerah ini.

"Kemudahan akses permodalan terutama untuk sektor usaha kecil menengah (UKM), baik melaui skema perbankan maupun koperasi harus menjadi perhatian," katanya.

Strategi selanjutnya, kata anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD ini, yaitu program peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM) yang tidak hanya pada aspek pendidikan, namun juga aspek kesehatan.

"Saya kira visi dan misi Bupati Bantul sudah sejalan, tinggal dibuat program yang lebih akurat untuk mencapainya," katanya.

Untuk strategi ketiga, yaitu memberikan peluang atau kesempatan kerja yang lebih banyak kepada kelompok ekonomi lemah dan pembukaan Kawasan Industri Piyungan Bantul bisa menjadi salah satu program unggulan.

Disamping itu, kata dia, perlu dikembangkan iklim kewirausahaan termasuk dengan optimalisasi internet sehingga nantinya bisa dikerjakan hingga ke pelosok Bantul.

"Dengan demikian, kami berharap angka ketimpangan ekonomi dapat diminimalkan, jangan sampai yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin," katanya.***3***

(KR-HR)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024